Haqqi, Yudha Alfian (2023) PENGARUH FAKTOR INDIVIDU, ORGANISASI, KEPEMIMPINAN, DAN LINGKUNGAN TERHADAP KOMPETENSI GURU SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KOTA MALANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
[Full Tesis] Yudha Alfian Haqqi.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Seorang guru harus memenuhi syarat tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tingkat kualifikasi yang tinggi mencerminkan kemampuan yang baik, yang akan menghasilkan peningkatan dalam kinerja guru selama proses pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana faktor-faktor seperti karakteristik individu, lingkungan organisasi, kepemimpinan, dan kondisi lingkungan berdampak pada kemampuan guru Taman Kanak-kanak (TK) di Kota Malang dan bagaimana hal tersebut memengaruhi kinerja mereka. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif jenis eksplanatori. Analisis data dilakukan dengan structural equation modeling (SEM) dengan analisis multivariat. Populasi yang akan menjadi subjek penelitian ini terdiri dari guru-guru Taman Kanak-kanak di seluruh Kota Malang. Sebagai sampel, penelitian ini telah menetapkan 93 guru TK dari lima kecamatan di Kota Malang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penggunaan kuesioner atau angket serta pengumpulan data dokumen. Proses analisis data dilakukan dengan Structural Equation Modeling (SEM), khususnya metode Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa temuan penting. Pertama, faktor individu pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi guru. Kedua, faktor individu, organisasi, kepemimpinan, dan lingkungan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Ketiga, faktor organisasi, kepemimpinan, dan lingkungan tidak memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kompetensi guru. Keempat, kompetensi guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Selain itu, temuan lain menunjukkan bahwa faktor individu memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dengan kompetensi guru sebagai mediator. Demikian pula, faktor organisasi, kepemimpinan, dan lingkungan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dengan kompetensi guru sebagai mediator. Secara keseluruhan, faktor individu, organisasi, kepemimpinan, dan lingkungan memiliki pengaruh positif dan bersama-sama berkontribusi terhadap peningkatan kompetensi guru. Selain itu, faktor-faktor tersebut juga memiliki pengaruh positif secara bersama-sama terhadap kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Student ID: | 202210660211005 |
Keywords: | Individu, Organisasi, Kepemimpinan, Lingkungan Kompetensi, Kinerja. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Directorate of Postgraduate Programs > Master of Pedagogy (86110) |
Depositing User: | 202210660211005 yudhaalfian |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 07:14 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 07:14 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4156 |