Kurikulum Pesantren LDII dalam Membentuk Karakter Muslim Sejati di Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri

Asrori, Asrori (2024) Kurikulum Pesantren LDII dalam Membentuk Karakter Muslim Sejati di Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri. Bildung, Yogyakarta. ISBN 62-2578-4968-585

[thumbnail of Buku]
Preview
Text (Buku)
BUKU_KURIKULUM PESANTREN LDII DALAM MEMBENTUK KARAKTER MUSLIM SEJATI DI PONDOK PESANTREN WALI BAROKAH KEDIRI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya mengadaptasikan kurikulum untuk menyesuaikan perubahan zaman dan tetap relevan dan efektif dalam membentuk karakter santri. Oleh karena itu, penting untuk dipahami bagaimana kurikulum pesantren didesain untuk secara khusus mendukung pembentukan karakter positif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Salah satu di antaranya adalah kurikulum pesantren LDII yang selama ini telah diterapkan di Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana konsep muslim sejati di
Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri, bagaimana anatomi
kurikulum pesantren LDII di Pondok Pesantren Wali Barokah, bagaimana implementasi kurikulum pesantren LDII di Pondok Pesantren Wali Barokah, bagaimana implikasi kurikulum pesantren LDII dalam membentuk karakter muslim sejati di Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik keabsahan data credibility data, transferability-transferability, dependability, conformability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Karakter muslim sejati merupakan karakter yang dimiliki setiap individu cerminan dari tri sukses generus: 1) Alim fakih (empat tali keimanan, dan empat Maqadirullah). 2) Akhlaqul karimah (enam tabiat luhur, lima syarat kerukunan, dan empat roda berputar). 3) Mandiri dan tidak menjadi para�sit (tiga prinsip kerja). Kedua, anatomi kurikulum pesantren LDII tersusun dari beberapa elemen antara lain: tujuan, materi, strategi, dan evaluasi. Ketiga, implementasi kurikulum pesantren LDII ada empat metode antara lain 1) Metode manqûl-musnâd-muttashil, 2) Metode bandongan, 3) Metode sorogan, dan 4) metode mudzakarah. Keempat, implikasi kurikulum pesantren LDII dalam membentuk karakter muslim sejati berimplikasi pada dua aspek: 1) Karakter religius, tercermin dari cara santri belajar, beramal, da’wah, berjamaah, thâ’at. 2) Karakter profesional, tercermin dari cara santri menggali, memberdayakan dan mengembangkan potensi.

Item Type: Book
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Directorate of Postgraduate Programs > Doctor of Islam Religion Education (70034)
Depositing User: 202020520111025 asrori
Date Deposited: 19 Feb 2024 06:16
Last Modified: 19 Feb 2024 06:16
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4131

Actions (login required)

View Item
View Item