Suciati, Nur (2023) PENGARUH MEDIA GARITA PADA KEMAMPUAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SD DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
Tesis Nur Suciati upload ok.pdf
Download (3MB) | Preview
Abstract
Pelaksanaan kegiatan penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara media GARITA terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas 6 SD yang ditunjukkan melalui hasil nilai tugas masalah kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Quasi Experimen. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik SD Muhammadiyah 3 IKROM Wage Sidoarjo. Kegiatan penelitian ini mengambil data sebanyak 29 peserta didik kelas 6 Zahrawi sebagai kelompok kontrol dan 30 peserta didik 6 Haitam sebagai kelompok Eksperimen. Hasil data penelitian ini diperoleh dengan melaksanakan post test berupa tes soal kontekstual dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan signifikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang mendapat perlakuan menggunakan bantuan GARITA dengan peserta didik yang tidak mendapat perlakuan. Hasil uji homogenitas menunjukkan data homogenitas berdasar pada data post test menunjukkan angka < 0,05. Uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh signifikan berdasar pada hasil uji independent sample t test 0,007 < 0,05. Sehingga dengan demikian hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa media GARITA dapat mempengaruhi peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah kontekstual.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Student ID: | 202210530211005 |
Keywords: | kemampuan komunikasi matematis, masalah kontekstual,GARITA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Directorate of Postgraduate Programs > Master of Mathematics Education (84102) |
Depositing User: | 202210530211005 nursuciati05 |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 07:52 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 07:52 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3868 |