MODEL PEMBINAAN MELALUI VOCATIONAL THERAPY BAGI NARAPIDANA PENCURIAN DI LEMBAGA PERMASYARAKATAN KELAS II B TUAL

Roroa, Dinda Miftahul Jannah (2024) MODEL PEMBINAAN MELALUI VOCATIONAL THERAPY BAGI NARAPIDANA PENCURIAN DI LEMBAGA PERMASYARAKATAN KELAS II B TUAL. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy

Abstract

Vocational Therapy ataupun yang dapat diartikan dengan terapi kejuruan adalah terapi berupa bimbingan keterampilan yang diberikan pada seorang yang berada disuatu Lembaga Permasyarakatan dengan tujuan untuk menyampaikan bekal keterampilan yang bisa mereka gunakan kelak saat masa tahanannya sudah berakhir agar dapat memperoleh pekerjaan yang layak ataupun dapat membentuk lapangan pekerjaan mereka sendiri guna menunjang kebutuhan ekonomi mereka. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui masalah sosial ekonomi yang dialami oleh narapidana pencurian di LP Kelas II B Tual; (2) Untuk mengetahui program pembinaan Vocational Therapy di LP Kelas II B Tual Bagi Narapidana Pencurian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode jenis penelitian deskriptif studi kasus. Dalam penelitian ini, subjek penelitian menggunakan metode purposive sampling yaitu Kabid Binadik dan Giatja, Kasubsi Kegiatan Kerja dan Pegawai Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tual. Teknik analisis data menggunakan Analisis Data Model Interatif dari Miles et al. Hasil penelitian menemukan : (1) masalah sosial ekonomi yang dialami Narapidana kasus Pencurian antara lain adalah tingkat pendidikan yang rendah, tingkat pendapatan rendah, tidak memiliki pekerjaan tetap dan faktor pergaulan seperti terpengaruh alkohol dan faktor kecemburuan dapat menyebabkan pemicu tindakan kriminal kasus pencurian di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tual dan (2) Program pembinaan Vocational Therapy pada Narapidana kasus Pencurian meliputi : Keterampilan Jasa Boga, Kerajinan Tangan (Membuat Ikat Pinggang, Tempat Tissue dan Rajutan), Pembuatan Meja dan Kurs dari Beton, Ukiran Batu Nisan/Prasasti, Pengelasan Tenda. Program yang diberikan kepada narapidana sedapat mungkin diarahkan kepada jenis-jenis keterampilan dan keahlian yang bermanfaat di lingkungan masyarakat dan berharap narapidana dapat mengembangkan lebih lanjut sehingga dapat berguna bagi narapidana setelah mereka selesai menjalani masa pidana yang bertujuan untuk meningkatkan jiwa kreativitas dan memberikan keterampilan agar nantinya bisa menjadi bekal wirausaha bagi narapidana untuk kembali ke masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201910030311068
Keywords: Pembinaan, Vokasional, Pencurian, Lembaga Pemasyarakatan
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Social Welfare (72201)
Depositing User: 201910030311068 dindaroroa26
Date Deposited: 12 Feb 2024 09:43
Last Modified: 13 Feb 2024 03:22
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3739

Actions (login required)

View Item
View Item