PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP TINGKAT KECEMASAN SISWA

Dewi, Vina Oktavia Candra (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP TINGKAT KECEMASAN SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran investigasi kelompok terhadap tingkat kecemasan matematika. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental, dengan desain Nonequivalent Post-test Only Control Group. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas VIII, pada kelas eksperimen sebanyak 8 siswa, dan kelas control sebanyak 8 siswa yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes soal matematika, dan observasi. Instrumen yang digunakan Lembar angket tingkat kecemasan, lembar tes, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik statistic inferensial dengan model regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran investigasi kelompok memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kecemasan siswa. Besarnya pengaruh model model pembelajaran investigasi kelompok terhadap tingkat kecemasan siswa yaitu sebesar 80,1% dan 19,9% dipengaruhi oleh variable lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201710060311088
Keywords: Investigasi Kelompok, Kecemasan Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: 201710060311088 vinacandrad
Date Deposited: 12 Feb 2024 06:20
Last Modified: 13 Feb 2024 03:27
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3730

Actions (login required)

View Item
View Item