Setiyowati, Rini and Wahyu Kurniawan, Mohammad and Widodo, Rohmad (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Civic Hukum, 5 (1). pp. 86-96. ISSN P-ISSN: 2623-0216 E-ISSN: 2623-0224
Setiyowati Kurniawan Widodo - Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah.pdf
Download (451kB) | Preview
Similarity - Setiyowati Kurniawan Widodo - Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah.pdf
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis
masalah terhadap hasil belajar PPKn, Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu
(quasi exsperiment) yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pacet Kabupaten Mojokerto tahun
pelajaran 2016/2017 kelas X semester satu. Desain penelitian berupa Pretest-posttest control
group design. Subjek penelitian/responden terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 33 orang kelas
eksperimen 1, 34 orang kelas eksperimen 2, dan 31 kelas kontrol, hal ini didasarkan kelas
tersebut memiliki tingkat kognitif yang sama, sehingga total populasi berjumlah 98 orang.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengetahui hasil belajar PPKn dan angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah
terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn dengan hasil signifikasi sebesar
32,737 lebih besar dari 3,09. Model pembelajaran yang efektif akan berpengaruh terhadap
keberhasilan siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205) |
Depositing User: | rohmad Rohmad Widodo Drs. M.Si. |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 06:59 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 06:59 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3279 |