Yayuk, Erna and Husamah, H. (2019) Peningkatan problem-solving skills dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah ekologi melalui Blended-PjBL. IPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3 (2). pp. 100-114.
Yayuk Husamah - Blended-PjBL Ekologi Hasil belajar Problem solving skills.pdf
Download (430kB) | Preview
Similiarity - Yayuk Husamah - Blended-PjBL Ekologi Hasil belajar Problem solving skills.pdf
Download (3MB) | Preview
Abstract
Implementasi pembelajaran untuk mahasiswa calon guru harus berorientasi pada pembiasaan berani menghadapi masalah dan mampu menyelesaikan masalah tersebut secara cepat dan tepat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peningkatan problem-solving skills, dan peningkatan hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMM pada matakuliah ekologi melalui penerapan Blended-PjBL. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Siklus tindakan merujuk pada Model Spiral. Sintaks pembelajaran yang diterapkan adalah PjBl, yang dalam kontek Blended-PjBL. PTK ini dilaksanakan di kelas C Angkatan 2017, Mata Kuliah Ekologi, yang berjumlah 35 orang, Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aspek problem-solving skills sebanyak 23 point, sedangkan hasil belajarnya mengalami peningkatan sebanyak 35 poin. Dengan demikian, dapat ditarik simpulan bahwa penerapan Blended-PjBL mampu meningkatkan problem-solving skills hingga level baik dan hasil belajar hingga level sangat baik pada matakuliah ekologi.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Blended-PjBL, Ekologi, Hasil belajar, Problem solving skills |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205) |
Depositing User: | usya_bio Husamah, S.Pd |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 00:48 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 00:48 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3139 |