Implementasi STAD-PjBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Produk Mahasiswa Calon Guru Biologi

Hindun, Iin and Husamah, H. (2019) Implementasi STAD-PjBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Produk Mahasiswa Calon Guru Biologi. JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5 (2). pp. 139-154. ISSN P-ISSN : 24431591 E-ISSN : 24600873

[thumbnail of Hindun Husamah - Calon Guru Biologi Kreativitas Produk Perangkat Pembelajaran STAD-PjBL.pdf]
Preview
Text
Hindun Husamah - Calon Guru Biologi Kreativitas Produk Perangkat Pembelajaran STAD-PjBL.pdf

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of Similiarity- Hindun Husamah - Calon Guru Biologi Kreativitas Produk Perangkat Pembelajaran STAD-PjBL.pdf]
Preview
Text
Similiarity- Hindun Husamah - Calon Guru Biologi Kreativitas Produk Perangkat Pembelajaran STAD-PjBL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kreativitas produk, khususnya dalam pengembangan perangkat pembelajaran, perlu dimiliki calon guru biologi, dan hal tersebut masih rendah di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kreativitas produk pada mahasiswa melalui penerapan STAD-PjBL. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 35 orang mahasiswa yang menempuh mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Biologi. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian keterampilan produk yang diisi oleh 3 orang observer selama 3 siklus berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan rerata kreativitas produk sebanyak 18 point (Pra Siklus: 63; Siklus I: 71; Siklus II: 76; Siklus III: 81). Dapat disimpulkan bahwa penerapan implementasi STAD-PjBL mampu meningkatkan kreativitas produk pada mahasiswa calon guru, meskipun masih pada level “baik”.

Item Type: Article
Keywords: calon guru, kreativitas produk, perangkat pembelajaran, STAD-PjBL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: usya_bio Husamah, S.Pd
Date Deposited: 30 Jan 2024 00:48
Last Modified: 30 Jan 2024 00:48
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3138

Actions (login required)

View Item
View Item