Pembinaan guru dalam melaksanakan Pembelajaran STEM dengan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Keterampilan Kolaboratif pada Siswa SMP

Nurwidodo, N. and Romdaniyah, Sri Wulan and Sudarmanto, S. and Husamah, H. (2022) Pembinaan guru dalam melaksanakan Pembelajaran STEM dengan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Keterampilan Kolaboratif pada Siswa SMP. SASAMBO: JURNAL ABDIMAS (JOURNAL OF COMMUNITY SERVICE), 4 (1). pp. 1-12. ISSN 2686-519X

[thumbnail of Nurwidodo Romdaniyah Sudarmanto Husamah – fotositesis STEM Vertical Garden.pdf]
Preview
Text
Nurwidodo Romdaniyah Sudarmanto Husamah – fotositesis STEM Vertical Garden.pdf

Download (964kB) | Preview
[thumbnail of Similiarity - Nurwidodo Romdaniyah Sudarmanto Husamah – fotositesis STEM Vertical Garden.pdf]
Preview
Text
Similiarity - Nurwidodo Romdaniyah Sudarmanto Husamah – fotositesis STEM Vertical Garden.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perubahan kemampuan guru dan dampaknya bagi siswa dalam pembelajaran STEM dengan kemampuan berfikir kreatif dan keterampilan kolaboratif pada siswa SMP Muhammadiyah 2 Batu. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah pertemuan langsung (pelatihan dan praktik). Mitra kegiatan ini adalah guru-guru diSMP Muhammadiyah 2 Batu, sedangkan subjek kegiatan ujicoba pembelajaran STEM adalah siswa kelas VII. Pembelajaran STEM ini mengambil materi IPA SMP kelas VII tentang Fotosintesis. Siswa diberikan penjelasan dan diekplorasi informasi yang berhubungan dengan fotosintesis serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dirangsang untuk menemukan solusi terhadap adanya kondisi lahan terbatas bahkan telah beralih fungsi menjadi pemukiman atau tempat wisata. Kondisi tersebut menyebabkan kebutuhan oksigen menjadi berkurang. Solusi yang ditawarkan siswa dalam implementasi fotosintesis ini, yaitu dengan membuat Vertical Garden. Disinilah uji kreativitas dan keterampilan kolaboratif siswa diamati. Hasil pembelajaran STEM dengan kemampuan berfikir kreatif terlihat dari rancangan desain pembelajaran STEM pada setiap kelompok yang bervariasi. Setiap kelompok menuliskan topik, identifikasi masalah, dan solusi yang beragam hingga menghasilkan produk miniatur vertical garden yang unik dan bervariatif. Sementara itu, keterampilan kolaboratif terlihat saat siswa melakukan diskusi kelompok maupun diskusi kelas. Keaktifan siswa saat memberikan solusi,memecahkan suatu masalah, dan pembagian tugas dilakukan secara aktif bertanggung jawab. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah guru mampu melaksanakan pembelajaran STEM dengan kemampuan berfikir kreatif dan keterampilan kolaboratif pada siswa SMP Muhammadiyah 2 Batu.

Item Type: Article
Keywords: Fotositesis , STEM , Vertical Garden
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: usya_bio Husamah, S.Pd
Date Deposited: 30 Jan 2024 00:45
Last Modified: 30 Jan 2024 00:45
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3133

Actions (login required)

View Item
View Item