Peningkatan Kapasitas Guru Sekolah Piloting dalam Lesson Study for Learning Community di SMP Muhammadiyah 1 Malang

Miharja, Fuad Jaya and Husamah, H. and Masrudi, M. (2020) Peningkatan Kapasitas Guru Sekolah Piloting dalam Lesson Study for Learning Community di SMP Muhammadiyah 1 Malang. SASAMBO: JURNAL ABDIMAS (JOURNAL OF COMMUNITY SERVICE), 2 (3). pp. 134-142. ISSN 2686-519X

[thumbnail of Miharja Husamah Masrudi -Collaborative Learning community LSLC.pdf]
Preview
Text
Miharja Husamah Masrudi -Collaborative Learning community LSLC.pdf

Download (723kB) | Preview
[thumbnail of Similiarity - Miharja Husamah Masrudi -Collaborative Learning community LSLC.pdf]
Preview
Text
Similiarity - Miharja Husamah Masrudi -Collaborative Learning community LSLC.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program pendampingan Lesson Study for Learning Community (LSLC) di Sekolah Muhammadiyah telah memasuki tahun ketiga dan terus dilakukan penyempurnaan program. Dalam pelaksanaannya ketersediaan dokumentasi pembelajaran masih menjadi tantangan yang perlu diselesaikan, karena ketersediaan dokumentasi empiric merupakan aspek fundamental dalam melakukan refleksi dan rencana tindaklanjut. Pendampingan dilaksanakan selama bulan Maret – Juli 2020 di SMP Muhammadiyah 1 Malang. Metode pelaksanaan yang mengacu kepada analisis situasi program-program yang disepakati bersama dengan pihak sekolah adalah diskusi penyamaan persepsi, lokakarya, pendampingan, dan monitoring evaluasi. Kegiatan pendampingan telah menginisiasi guru dalam memaknai LSLC sebagai komunitas belajar dan memahami teknik dasar pelaksanaan observasi secara komprehensif

Item Type: Article
Keywords: Kolaboratif Komunitas belajar LSLC
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: usya_bio Husamah, S.Pd
Date Deposited: 30 Jan 2024 00:43
Last Modified: 30 Jan 2024 00:43
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3128

Actions (login required)

View Item
View Item