Wahid, Abdul (2018) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
Naskah_Tesis_Fix.pdf
Download (5MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan gaya
kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SMK
Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Metode penelitian yang
dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif.
Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa gaya atau gaya kepemimpinan kepala sekolah SMK
Muhammadiyah 7 Kabupaten Malang termasuk dalam gaya kepemimpinan visioner
dan partisipatif. Hal tersebut dipertegas dengan hasil wawancara dengan kepala SMK
Muhammadiyah 7 Gondanglegi yang menegaskan bahwa apa yang telah
dilakukannya sebagai kepala sekolah dalam peningkatan mutu sekolah termasuk
dalam gaya kepemimpinan visioner dan partisipatif. Dalam wawancara, kepala SMK
Muhammdiyah 7 Gondanglegi selalu berpartisipasi aktif dalam setiap aktivitas dan
kegiatan yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang.
Kepala sekolah SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang
memberikan contoh dengan kedisiplinan dalam proses belajar mengajar, berkontribusi
dalam pengembangan potensi tenaga pengajar dengan mengadakan workshop,
pelatihan, kursus singkat dan sebagainya. Sebagai administrator, kepala sekolah juga
terlibat langsung dalam pengelolaan keuangan sekolah, dan mampu memberikan bukti
dengan apa yang telah diraih oleh sekolah. Kepala sekolah pun juga melaksanakan
pemantauan terhadap kinerja guru baik secara langsung maupun dengan
menggunakan media social seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Beberapa
inovasi dilakukan dengan mengajak para pihak terkait untuk bekerja melakukan
inovasi yang ditawarkan. Sebagai seorang motivator, kepala sekolah juga memotivasi
para guru, karyawan dan orang tua murid dengan target sasaran beberapa harapan
untuk peningkatan mutu sekolah. Dengan pencapaian yang telah dicapai bisa menjadi
bukti bahwa dengan gaya kepemimpinan partisipatif seorang kepala sekolah,
pencapaian mutu sekolah yang lebih baik bisa tercapai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Student ID: | 201610240211003 |
Keywords: | Gaya Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Directorate of Postgraduate Programs > Master of Pedagogy (86110) |
Depositing User: | zawawi Moh. Zawawi, A.Md |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 05:56 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 05:56 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/2803 |