Peran Kreativitas dalam Memediasi Hubungan Rasa Ingin Tahu dengan Motivasi Akademik Pada Mahasiswa Seni

Bayuningrum, Wardah Arum and Iswinarti, Iswinarti and Yuniardi, Muhammad Salis (2021) Peran Kreativitas dalam Memediasi Hubungan Rasa Ingin Tahu dengan Motivasi Akademik Pada Mahasiswa Seni. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 12 (1). pp. 81-91. ISSN 2597-9035

[thumbnail of Bayuningrum Iswinarti Yuniardi - Rasa ingin tahu kreativitas motivasi akademik mahasiswa seni.pdf]
Preview
Text
Bayuningrum Iswinarti Yuniardi - Rasa ingin tahu kreativitas motivasi akademik mahasiswa seni.pdf

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of similarity-Bayuningrum Iswinarti Yuniardi - Rasa ingin tahu kreativitas motivasi akademik mahasiswa seni.pdf]
Preview
Text
similarity-Bayuningrum Iswinarti Yuniardi - Rasa ingin tahu kreativitas motivasi akademik mahasiswa seni.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Motivasi dan rasa ingin tahu adalah aspek penting dalam pembelajaran. Pada mahasiswa seni, rasa ingin tahu dapat memberi rangsangan untuk aktif dalam pembelajaran maupun pembuatan karya seni. Mahasiswa seni diharapkan memiliki kreativitas yang tinggi agar dapat memaksimalkan ide, konsep dan representasi karya. Dengan didukung rasa ingin tahu dan kreativitas yang tinggi, motivasi akademik mahasiswa juga dapat menjadi lebih meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peran rasa ingin tahu terhadap motivasi akademik yang dimediasi oleh kreativitas pada mahasiswa seni. Penelitian ini melibatkan 180 mahasiswa seni. Pendekatan kuantitatif cross sectional digunakan, dan teknik mediated regression analysis dimanfaatkan untuk analisis data. Penelitian ini menggunakan alat ukur skala adaptasi berbahasa Indonesia versi singkat AMS (Academic Motivation Scale), The curiosity and exploration inventory-II, dan menggunakan Kaufman of Creativity Scale (K DOCS). Hasil penelitian menunjukkan adanya peran langsung rasa ingin tahu terhadap motivasi akademik, dan kreativitas berperan tidak langsung dalam hubungan antara rasa ingin tahu dengan motivasi akademik. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa mahasiswa seni diharapkan memiliki aspek rasa ingin tahu dan kreativitas yang tinggi agar motivasi belajar mereka meningkat dan dapat mencipatkan karya-karya seni sesuai tugas belajar mereka.

Item Type: Article
Keywords: Rasa ingin tahu, kreativitas, motivasi akademik, mahasiswa seni
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: icha Farisha Prasidya Putri, S.Psi
Date Deposited: 09 Feb 2024 06:10
Last Modified: 09 Feb 2024 06:10
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/2719

Actions (login required)

View Item
View Item