Purwanti, Elly and Prihanta, Prihanta and Muizzudin, Muizzudin and Hardian Permana, Fendy (2018) Penerapan (STAD) Dipadu Mind Mapping Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep (STAD with Mind Mapping Based on Lessson Study to Improve Motivation and Understanding Concept). JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4 (1). pp. 26-34. ISSN P-ISSN : 24431591 E-ISSN : 24600873
Purwanti Muizzudin Permana - Penerapan (STAD) Dipadu Mind Mapping.pdf
Download (210kB) | Preview
Similarity - Purwanti Muizzudin Permana - Penerapan (STAD) Dipadu Mind Mapping.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
STAD (Student Teams-Achievement Division) efektif untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa, karena STAD (Student Teams-Achievement Division) ini mementingkan struktur
penghargaan sebagai bentuk penguatan (reinforcement) terhadap apa yang telah dilakukan
oleh siswa. Peghargaan tersebut merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan
motivasi. Mind Mapping adalah sebuah metode untuk mengelola informasi secara menyeluruh.
Mind Mapping dapat digunakan untuk: menyimpan informasi, mengorganisasikan informasi,
membuat prioritas, belajar memahami informasi dalam konteksnya, melakukan review atas
sebuah materi pembelajaran, mengingat informasi secara lengkap, maka untuk menjawab
masalah mengenai pemahaman konsep, dicoba memadukan model STAD (Student
Teams-Achievement Division) dengan mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi pada siswa di SMP
Muhammadiyah 6 Malang. (2) meningkatkan pemahaman konsep siswa pada matapelajaran
reproduksi mahluk Hidup. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis
Lesson Study (LS) dengan menggunakan dua siklus. Hasil penerapan STAD dipadu dengan
Mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX, SMP Muhammadiyah 6
Dau Malang, dengan rincian Attention meningkat (1,2 %) Relevance meningkat (3,65%)
Confidence meningkat (5,23%) Satisfaction meningkat (4,36%). Penerapan STAD dipadu
dengan Mind mapping meningkatkan pemahaman konsep kelas IX, tingkat SMP Muh 6
dengan rincian Siklus I : 75,5 dan Siklus II: 80,5. Terjadi kenaikan sebanyak 5,1.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | STAD, Mind Mapping, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205) |
Depositing User: | wahyuprihanta Wahyu Prihanta, Drs., M.Kes. |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 05:58 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 05:58 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/2659 |