Peningkatan kualitas pembelajaran melalui lesson study learning community pada materi “waktu 24 jam” di Sekolah Dasar

Wahyuni, Sri and Eko Susetyarini, Roro and Prihanta, Wahyu and Yuliana, Firdiani (2021) Peningkatan kualitas pembelajaran melalui lesson study learning community pada materi “waktu 24 jam” di Sekolah Dasar. JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7 (1). pp. 78-91. ISSN P-ISSN : 24431591 E-ISSN : 24600873

[thumbnail of Wahyuni Susetyarini Prihanta Yuliana - Peningkatan kualitas pembelajaran melalui lesson study.pdf]
Preview
Text
Wahyuni Susetyarini Prihanta Yuliana - Peningkatan kualitas pembelajaran melalui lesson study.pdf

Download (705kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Wahyuni Susetyarini Prihanta Yuliana - Peningkatan kualitas pembelajaran melalui lesson study.pdf]
Preview
Text
Similarity - Wahyuni Susetyarini Prihanta Yuliana - Peningkatan kualitas pembelajaran melalui lesson study.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tugas utama guru dalam proses pembelajaran adalah mengantarkan peserta untuk mencapai
tujuan belajarnya. Dengan demikian guru dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas
pembelajarannya, salah satunya melalui Lesson Study Learning Community (LS-LC). Tujuan
penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan LS-LC di SD Junrejo I Batu, pada materi
“waktu 24 jam”. Penelitian kualitatif ini menggunakan studi kasus tunggal dan pemaparan data
secara naturalistik. Obyek penelitian adalah guru dan siswa kelas II sejumlah 28 orang. Ada 3
tahapan pada pelaksanaan LS-LC, yaitu plan, do dan see. Teknik pengumpulan data melalui
dokumentasi dan wawancara tidak terstruktur. Data dianalisis secara deskripsi kualitatif dan
.kuantitatif. Temuan penelitian dipaparkan secara naratif, meliputi kegiatan guru dan siswa
selama proses LS-LC. Guru berkolaborasi dan berkreasi merancang pembelajaran; siswa
mengamati langit, berdiskusi, membandingkan jam digital dan nondigital serta mempresentasikan
hasil diskusi kelompoknya. Observer mengamati “bagaimana siswa belajar”. Guru, observer dan
dosen merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Pelaksanaan LS-LC di kelas II
SD Junrejo I Batu, pada materi “waktu 24 jam” telah berjalan dengan baik. Siswa mampu
memahami materi sebanyak 60%, mampu berkolaborasi dalam kelompok 45%, mengungkapkan
senang, gembira, semangat dan ceria sebanyak 90%. Terdapat peningkatan kemampuan
pemahaman kolaborasi dan komunikasi pada siswa. Perlu replanning pengaturan tempat duduk
dan anggota kelompok.

Item Type: Article
Keywords: Lesson Study Learning Community; Waktu 24 Jam; Sekolah Dasar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: wahyuprihanta Wahyu Prihanta, Drs., M.Kes.
Date Deposited: 19 Jan 2024 05:58
Last Modified: 19 Jan 2024 05:58
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/2657

Actions (login required)

View Item
View Item