PENGARUH PENURUNAN DISREGULASI EMOSI TERHADAP PENGURANGAN SELF-DESTRUCTIVE BEHAVIOR PADA MAHASISWA

Utami, Bunaya Putri (2024) PENGARUH PENURUNAN DISREGULASI EMOSI TERHADAP PENGURANGAN SELF-DESTRUCTIVE BEHAVIOR PADA MAHASISWA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of TESIS.pdf] Text
TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Self-destructive behavior merupakan perilaku beresiko yang berdampak negatif pada fisik juga merusak psikis. Salah satu faktor penyebab self-destructive behavior karena adanya disregulasi emosi. Ketika mahasiswa memiliki permasalahan disregulasi emosi maka ia tidak mampu untuk memahami, mengendalikan dan mengekspresikan emosinya sehingga melakukan tindakan beresiko. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat efektifitas penggunaan Dialectical Behavior Therapy (DBT) untuk menangani masalah disregulasi emosi yang terjadi sehingga self-destructive behavior berkurang. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Subjek penelitian yang telah dipilih menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 12 mahasiswa/I yang melakukan self-destructive behavior. Instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur self-destructive behavior yaitu ISDS-25 (Indirect Self-Destructiveness Scale V-25), sedangkan untuk mengukur tingkat disregulasi emosi menggunakan DERS-SF (Difficulties in Emotion Regulation Scale-Short Form). Analisa data menggunakan metode non-parametrik yakni uji wilcoxon dan mann whitneyy. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan skor self-destructive behavior dan disregulasi emosi pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menunjukkan hasil yang signifikan pada pengurangan skor self-destructive behavior dan penurunan disregulasi emosi. Sedamgkan pada kelompok kontrol tidak menunjukkan hasil signifikansi pada self-destructive behavior dan disregulasi emosi. Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui DBT dapat menurunkan disregulasi emosi sehingga mengurangi self-destructive behavior pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Student ID: 202110500211026
Keywords: Dialectical Behavior Therapy, self-destructive behavior, perilaku merusak diri, mahasiswa, disregulasi emosi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Directorate of Postgraduate Programs > Master of Psychology Professional (73103)
Depositing User: 202110500211026 bunayaputri13
Date Deposited: 17 Jan 2024 05:33
Last Modified: 17 Jan 2024 05:33
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/2649

Actions (login required)

View Item
View Item