KONSTRUKSI SOSIAL KOMITE SEKOLAH ATAS MUTU PENDIDIKAN ( Studi Fenomenologi Pada Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung )

Nurmaning, Bina Andari (2023) KONSTRUKSI SOSIAL KOMITE SEKOLAH ATAS MUTU PENDIDIKAN ( Studi Fenomenologi Pada Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung ). Bildung, Yogyakarta. ISBN 62-2578-3586-213

[thumbnail of Monograf Kons Sos Bina 2023.pdf]
Preview
Text
Monograf Kons Sos Bina 2023.pdf

Download (649kB) | Preview
[thumbnail of desertasi terbuka Bina Andari Des 23.pdf] Text
desertasi terbuka Bina Andari Des 23.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji Konstruksi Sosial Komite Sekolah atas Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri ( SDN ) Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung. Komite sekolah memainkan peran kunci dalam peningkatan atas mutu pendidikan dengan melibatkan wali siswa, kepala sekolah, tenaga pendidik, masyarakat dan Pemerintah serta pihak swasta. Dengan fokus pada pembentukan dan perkembangan komite sekolah, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menjelaskan konstruksi sosial komite sekolah erta mengidentifikasi implementasinya dalam rangka peningkatan atas mutu pendidikan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasidan dokumentasi. Proses analisa data menggunakan pendekatan kualitatif.
Hasil temuan menunjukkan bahwa komite sekolah di SDN Kecamatan Tulungagung memiliki peran strategis dalam perbaikan kearah peningkatan atas mutu pendidikan yang ada dalam lembaga pendidikan melalui partisipasi dalam pengambilan keputusan dan perencanaan sekolah. Penelitian ini juga membahas tantangan yang dihadapi komite sekolah, termasuk pemilihan pengurus, kemitraan dengan kepala sekolah, prosedur keterlibatan dan dukungan dana dari komite sekolah, masyarakat dan pemerintah. Implikasi dari penelitian ini adalah adanya penguatan sinergitas antara komite sekolah serta peran komite sekolah dalam program peningkatan atas mutu pendidikan .
Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman lebih lanjut tentang bagaimana konstruksi sosial komite sekolah dapat berdampak pada mutu pendidikan . Implikasi praktisnya adalah pentingnya mendukung peran komite sekolah sebagai wadah partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan khsusnya di Sekolah Dasar Negeri .

Item Type: Book
Keywords: Konstruksi sosial, komite sekolah, kerjasama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Directorate of Postgraduate Programs > Doctor of Sociology (69001)
Depositing User: 202010670111029 dwiekontolbina
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:17
Last Modified: 17 Jan 2024 02:17
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/2637

Actions (login required)

View Item
View Item