Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Fakultas Teknik Universitas ”A” Dengan Pendekatan Model Academic Scorecard dan Standar BAN-PT

Mubin, Ahmad (2015) Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Fakultas Teknik Universitas ”A” Dengan Pendekatan Model Academic Scorecard dan Standar BAN-PT. In: Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA). Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, Indonesia, pp. 39-44. ISBN 978-979-796-238-6

[thumbnail of Mubin - SPK Academic Scorecard BAN-PT Sasaran Strategis KPI.pdf]
Preview
Text
Mubin - SPK Academic Scorecard BAN-PT Sasaran Strategis KPI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Mubin - SPK Academic Scorecard BAN-PT Sasaran Strategis KPI.pdf]
Preview
Text
Similarity - Mubin - SPK Academic Scorecard BAN-PT Sasaran Strategis KPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka mewujudkan visi Fakultas Teknik (FT) Universitas A, diperlukan suatu sistem pengukuran kinerja yang dapat digunakan untuk merencanakan, mengukur dan mengevaluasi tingkat keberhasilan fakultas dalam pencapaian visi tersebut. Sistem pengukuran kinerja (SPK) sangat membantu pimpinan fakultas dalam mengimplementasikan strategi dengan membandingkan hasil aktual dengan sasaran strategis. Perancangan SPK FT menggunakan pendekatan model Academic Scorecard dan standar BAN-PT. Hasil perancangan SPK FT meliputi penentuan sasaran strategis, penentuan KPI (Key Performance Indicator), pembentukan struktur hirarki KPI, rancangan pembobotan, pengukuran dan penilaian kinerja. Berdasarkan visi, misi, tujuan dan strategi dapat dibuat sasaran strategis (Strategic Objective) pada masing-masing perspektif dan standar BAN-PT, yaitu sebanyak 21 sasaran strategis. Selanjutnya berdasarkan sasaran strategis, dilakukan penentuan KPI (Key Performance Indicator), diperoleh sebanyak 22 KPI dan 40 sub KPI, terdiri atas 7 KPI dan 4 sub KPI pada perspektif manajemen akademik (Standar 1 dan 2), 4 KPI dan 10 sub KPI pada perspektif stakeholder (standar 3 dan 4), 7 KPI dan 17 sub KPI pada perspektif bisnis internal (standar 5 dan 6), serta 3 KPI dan 10 sub KPI pada perspektif inovasi dan pembelajaran (standar 7). Hasil penentuan KPI tersebut selanjutnya digunakan sebagai acuan dalam pembuatan struktur hirarki KPI, pembobotan, pengukuran dan penilaian kinerja FT guna perbaikan dan peningkatan kinerja secara keseluruhan.

Item Type: Book Section / Proceedings
Keywords: SPK, Academic Scorecard, BAN-PT, Sasaran Strategis, KPI
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering (26201)
Depositing User: maulana Maulana Chairudin
Date Deposited: 28 Oct 2023 01:47
Last Modified: 28 Oct 2023 01:47
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item
View Item