Ashari, Riza (2023) MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM MU’ALLIMIN PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR. Doctoral thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
PENDAHULUAN.pdf
Download (3MB) | Preview
BAB I.pdf
Download (470kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (448kB) | Preview
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (287kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (994kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (283kB) | Request a copy
Abstract
Pesantren memiliki kekhasan dalam setiap pendidikan dan pengajarannya.
Pondok Modern Darussalam Gontor memiliki kurikulum KMI yang diadopsi
banyak pesantren khususnya pesantren modern. Namun kenyataannya, beberapa
pondok pesantren kebingunan dalam proses penerapan kurikulum tersebut. Peneliti
tertarik untuk membahas tentang konstruksi kurikulum mu'allimin Pondok Modern,
model pengembangan kurikulum mu'allimin, dan implementasi model
pengembangan kurikulum mu'allimin pondok Modern.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi
kasus dan metode analisis induktif termodifikasi. Data dikumpulkan melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif
dengan memastikan keabsahan data melalui kredibilitas, transferabilitas, dan
dependabilitas.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa konstruksi kurikulum Mu'allimin di
Pondok Modern Darussalam Gontor disusun dengan pola pengorganisasian unsurunsur
dan komponen kurikulum. Ada empat kelompok dalam konstruksi
kurikulum, yaitu intrakurikuler, ekstrakurikuler, ko-kurikuler, dan hidden
kurikuler, yang memiliki sifat integratif, komprehensif, independen, dan fleksibel.
Model pengembangan kurikulum Mu’allimin mengacu pada nilai, orientasi
pendidikan dan pengajaran, serta kebutuhan dan kekhasan pesantren. Model
pengembangan kurikulum ini sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen
pendidikan, dengan langkah-langkah perencanaan, pengorganisasian,
implementasi, dan evaluasi pengembangan kurikulum. Model pengembangan
kurikulum Mu’allimin ini berbentuk spiral yang menunjukkan proses yang saling
berkaitan dan berkelanjutan. Peneliti menamakannya model pengembangan Ashari.
Implementasi pengembangan kurikulum Mu'allimin dilakukan melalui
diversifikasi, dengan penyusunan kurikulum yang menjelaskan, memperkaya,
memperdalam, menambah, memperluas, dan memodifikasi kurikulum Kulliyatul
Mu'allimin Al Islamiyyah. Implementasi ini melibatkan pengembangan program,
pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi, dengan analisis kebutuhan, identifikasi
topik dan materi baru, integrasi kurikulum baru, pelatihan guru, dan evaluasi
kurikulum. Pola dan model pengembangan kurikulum yang ditemukan adalah
model diversifikasi pengembangan kurikulum Gontor, yang bertujuan untuk
memperluas dan memperkaya pilihan program pendidikan yang disesuaikan
dengan keunikan, potensi, minat, dan bakat peserta didik.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Student ID: | 201910520111001 |
Keywords: | Pengembangan Kurikulum, Kurikulum Mu’allimin, Pondok Modern Darussalam Gontor |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Directorate of Postgraduate Programs > Doctor of Islam Religion Education (70034) |
Depositing User: | zawawi Moh. Zawawi, A.Md |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 05:50 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 05:50 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/208 |