Filsafat dan Teori Pendidikan : Pembelajaran Matematika untuk Berfikir Kritis dan Kreatif

Darmayanti, Rani and Tobroni, Tobroni and Widodo, Joko (2020) Filsafat dan Teori Pendidikan : Pembelajaran Matematika untuk Berfikir Kritis dan Kreatif. CV. Adanu Abimata, Indramayu. ISBN 978-623-505-211-3

[thumbnail of FILSAFAT DAN TEORI PENDIDIKAN Pembelajaran Matematika untuk Berfikir Kritis dan Rekreatif.pdf]
Preview
Text
FILSAFAT DAN TEORI PENDIDIKAN Pembelajaran Matematika untuk Berfikir Kritis dan Rekreatif.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kita akan menjelaskan dan mengkritik perspektif epistemologis
yang dominan dalam matematika .Yaitu, pandangan absolut
bahwa kebenaran matematika adalah mutlak, bahwa matematika
adalah salah satu ilmu pengetahuan yang tidak diragukan lagi dan
obyektif. Hal ini bertantangan dengan pandangan fallibilist bahwa
kebenaran matematika adalah tidak mutlak, dan tidak pernah
bisa dianggap sebagai sesuatu yang tidak perlu adanya revisi dan
koreksi. Banyak yang diperoleh dari perbedaan absolut-fallibilist ,
diantaranya adalah perspektif filosofis yang diadopsi karena faktor
epistemologis yang paling penting yang mendasari pengajaran
matematika.
Dalam filsafat analitis, filsafat matematika mempunyai arti
penting sebagai bidang studi tersendiri serta sebagai titik balik dalam
perkembangan filsafat secara keseluruhan. Memberikan penjelasan
tentang pengetahuan matematika merupakan komponen penting
dari epistemologi karena telah lama dipandang sebagai prototipe
pengetahuan manusia dengan kebenaran yang perlu dan pasti.
Karena kita menafsirkan hal-hal matematika seperti bilangan dan

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: zawawi Moh. Zawawi, A.Md
Date Deposited: 19 Feb 2025 07:11
Last Modified: 19 Feb 2025 07:11
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/15582

Actions (login required)

View Item
View Item