EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Ulumiyah, Khalimatun (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.pdf]
Preview
Text
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran berdiferensiasi konten terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa kelas VII di MTsM 25 Brondong sebanyak 24 siswa. Pembelajaran berdiferensiasi konten ini dirancang untuk mengakomodasi perbedaan tingkat kemampuan belajar siswa. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest, penelitian ini mengumpulkan data melalui tes pemahaman konsep, angket motivasi belajar, wawancara, dan dokumentasi proses pembelajaran. Data dianalisis menggunakan
statistik deskriptif, uji normalitas, dan uji hipotesis paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Temuan ini memberikan bukti empiris tentang efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dalam
meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa di MTsM 25 Brondong, khususnya dalam konteks mengakomodasi perbedaan tingkat kemampuan belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Student ID: 202310530211022
Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi, Pemahaman konsep, Motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Directorate of Postgraduate Programs > Master of Mathematics Education (84102)
Depositing User: 202310530211022 khalimatunulumiyah
Date Deposited: 18 Feb 2025 08:43
Last Modified: 18 Feb 2025 08:43
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/15500

Actions (login required)

View Item
View Item