PROSES PEMAHAMAN KONSEP VOLUME KERUCUT MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS VI SD

Jama'ah, Noor (2025) PROSES PEMAHAMAN KONSEP VOLUME KERUCUT MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS VI SD. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of Tesis Noor Jamaah_2025_ok_FIK.pdf] Text
Tesis Noor Jamaah_2025_ok_FIK.pdf
Restricted to Registered users only until 13 January 2030.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar sering kali mengalami kendala karena sifat materi yang abstrak, yang menyulitkan siswa dalam memahami konsep dasar matematika. Oleh karena itu, penggunaan media konkret dan pendekatan pembelajaran yang relevan seperti PjBL dapat membantu siswa mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari dan memperdalam pemahaman mereka. PjBL mendorong siswa untuk terlibat dalam proyek nyata, sehingga mereka dapat mengaplikasikan konsep matematika dalam konteks yang lebih konkret dan relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemahaman konsep volume kerucut pada siswa kelas VI SD melalui pembelajaran berbasis proyek atau yang dikenal dengan Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, observasi, dan tes untuk mengukur pemahaman konsep siswa terhadap volume kerucut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemahaman konsep didapat dari eksperimen dalam proyek dengan pemahaman yang bervariasi; siswa dengan kategori tinggi menunjukkan pemahaman sangat baik, yaitu mampu mengklasifikasikan objek, memberikan contoh dan bukan contoh, menyatakan ulang sebuah konsep, serta mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah. Siswa dengan kategori sedang dan rendah masih mengalami kesulitan dalam menyatakan ulang konsep dan mengaplikasikannya secara konsisten.

Item Type: Thesis (Masters)
Student ID: 202310530211031
Keywords: Proses Pemahaman Konsep, Volume Kerucut, Pembelajaran Berbasis Proyek
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Directorate of Postgraduate Programs > Master of Mathematics Education (84102)
Depositing User: 202310530211031 noorjamaah
Date Deposited: 12 Feb 2025 09:43
Last Modified: 12 Feb 2025 09:43
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/15326

Actions (login required)

View Item
View Item