KONSISTENSI BERPIKIR KREATIF: STUDI PENERAPAN SOAL OPEN-ENDED PADA MATERI VOLUME TABUNG DI SMP

Laily, Nur (2025) KONSISTENSI BERPIKIR KREATIF: STUDI PENERAPAN SOAL OPEN-ENDED PADA MATERI VOLUME TABUNG DI SMP. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of Tesis Bu Nur laily_2025_FIX.pdf] Text
Tesis Bu Nur laily_2025_FIX.pdf
Restricted to Registered users only until 3 January 2028.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsistensi berpikir kreatif siswa melalui penerapan soal open-ended pada materi volume tabung di tingkat SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah lima siswa kelas IX MTs Muhammadiyah Wuring. Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Subjek merupakan siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi berdasarkan prestasi belajar dan memiliki kemampuan komunikasi bagus berdasarkan rekomendasi guru matematika. Data diperoleh melalui tes tertulis, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama, tiga subjek (AY, PAR, RA) memenuhi tiga kategori berpikir kreatif, yaitu fluency, flexibility, dan elaboration. Sementara itu, dua lainnya (IS dan MZI) memenuhi empat kategori, yaitu fluency, flexibility, elaboration, dan originality. Pada pertemuan kedua, AY, IS, dan RA memenuhi tiga kategori berpikir kreatif, yaitu fluency, flexibility, dan elaboration, sedangkan MZI dan PAR memenuhi empat kategori (fluency, flexibility, elaboration, dan originality). Temuan ini menunjukkan adanya konsistensi berpikir kreatif, karena dari lima orang subjek, hanya satu subjek yang mengalami penurunan level kreativitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Student ID: 202310530211038
Keywords: Konsistensi berpikir kreatif, Soal open-ended.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Directorate of Postgraduate Programs > Master of Mathematics Education (84102)
Depositing User: 202310530211038 202310530211038
Date Deposited: 12 Feb 2025 09:54
Last Modified: 12 Feb 2025 09:54
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/15316

Actions (login required)

View Item
View Item