INTEGRASI PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN METODE UMMI KE DALAM KURIKULUM SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) JOMBANG

Anshori, Yunus (2025) INTEGRASI PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN METODE UMMI KE DALAM KURIKULUM SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) JOMBANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of tesis]
Preview
Text (tesis)
yunus anshori tesis 2025.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi pembelajaran baca Al-Qur'an metode UMMI ke dalam kurikulum di SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Jombang dan mengidentifikasi implikasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa integrasi pembelajaran baca Al-Qur’an metode UMMI di SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Jombang memberikan dampak positif baik dalam aspek pendidikan, pembentukan karakter, maupun pengembangan spiritual siswa. Melalui dua model pelaksanaan pembelajaran, yaitu: di dalam kelas dan di luar kelas (masjid dan asrama). Program ini terintegrasi dengan kurikulum yang ada, memadukan pembelajaran agama dan umum untuk menciptakan keseimbangan pengetahuan. Implikasi dari integrasi ini antara lain adalah peningkatan keterampilan membaca Al-Qur’an, penguatan nilai-nilai agama dan karakter Islami, serta pengembangan disiplin dan kemandirian siswa. Meskipun demikian, tantangan yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran ini termasuk keterbatasan waktu, kebutuhan akan pengajar yang kompeten, dan kesiapan mental siswa. Meskipun demikian, integrasi ini terbukti memberikan hasil yang signifikan bagi perkembangan siswa dalam aspek akademik dan spiritual. Dukungan dari sekolah, pondok pesantren, dan orang tua sangat penting untuk memastikan keberhasilan implementasi metode ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Student ID: 202310290211016
Keywords: Integrasi kurikulum pembelajaran; pembelajaran Al-Qur’an metode UMMI; pengembangan kurikulum.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Directorate of Postgraduate Programs > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: 202310290211016 202310290211016
Date Deposited: 13 Feb 2025 05:14
Last Modified: 13 Feb 2025 05:14
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/14919

Actions (login required)

View Item
View Item