GAMBARAN PARENTING SELF EFFICACY PADA ORANGTUA ANAK USIA DINI

Dina, Khodijah (2024) GAMBARAN PARENTING SELF EFFICACY PADA ORANGTUA ANAK USIA DINI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Orangtua merupakan pendidik utama dan pertama pada anak-anak, pengasuhan pada anak ini perlu kepercayaan diri agar orangtua dapat memberikan pengarahan yang maksimal pada anak. Jika orangtua memiliki parenting self efficacy yang rendah mereka akan lebih cemas, sedangkan jika orangtua memiliki parenting self efficacy yang tinggi mereka akan lebih dinamis dan menyesuaikan dengan perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran parenting self efficacy pada orangtua yang memiliki anak usia dini. Pengambilan data dilakukan di wilayah Jawa Timur dengan mengambil 249 orangtua yang memiliki anak usia dini rentang usia 0 – 6 tahun. Penelitian ini menggunakan skala Self-efficacy for Parenting Tasks Index (SEPTI) yang terdiri dari 36 item dengan reliabilitas 0,918 dan validitas correted item correlation diatas 0,30. Kemudian di analisis data menggunakan uji deskriptif dengan tiga kategorisasi serta melihat sebaran demografi dengan parenting self efficacy. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar data memiliki parenting self efficacy dengan kategori sedang. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagian besar orangtua pada wilayah Jawa Timur memiliki parenting self efficacy sedang dimana mereka percaya diri akan kemampuannya dalam pengasuhan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201810230311430
Keywords: Parenting self efficacy, anak usia dini, orangtua
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: 201810230311430 dinakhodijah
Date Deposited: 05 Feb 2025 07:46
Last Modified: 05 Feb 2025 07:46
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/14751

Actions (login required)

View Item
View Item