Budiningtyas, Dewi (2025) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI PECAHAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL SISWA KELAS 4. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
DEWI BUDININGTYAS_TESIS_202310530211009 .pdf
Download (9MB) | Preview
Abstract
Peneltian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi
matematis tulis dan lisan pada materi pecahan ditinjau dari gaya belajar visual siswa
kelas 4 di SD Muhammadiyah 1 Paron. Jenis penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif dengan menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi.
Subjek penelitian ini yaitu 10 siswa kelas 4 yang memiliki gaya belajar visual. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis tulis siswa
kelas 4 dengan gaya belajar visual sudah menunjukkan kategori sangat baik dengan
rata-rata 73,1. Sedangkan kemampuan komunikasi matematis lisan siswa kelas 4
dengan gaya belajar visual juga sudah menunjukkan kategori sangat baik dengan
rata-rata 80,1. Hasil rata-rata menunjukkan bahwa siswa kelas 4 dengan gaya
belajar visual di SD Muhammadiyah 1 Paron memiliki kemampuan komunikasi
matematis dengan kategori yang tinggi dengan rata-rata nilai 76,9. Siswa dengan
gaya belajar visual yang menunjukkan kemampuan komunikasi matematis tulisnya
baik, terbukti kemampuan komunikasi lisannya juga baik. Sedangkan, siswa
dengan gaya belajar visual yang menunjukkan kemampuan komunikasi matematis
lisannya baik, belum tentu tulisnya juga baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Student ID: | 202310530211009 |
Keywords: | Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematika, Materi Pecahan, Gaya Belajar Visual, Siswa Kelas 4 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Directorate of Postgraduate Programs > Master of Mathematics Education (84102) |
Depositing User: | 202310530211009 202310530211009 |
Date Deposited: | 01 Feb 2025 01:20 |
Last Modified: | 01 Feb 2025 01:20 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/14328 |