PENDEKATAN ECOPEDAGOGY DALAM MENINGKATKAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN DAN KETERAMPILAN BEKERJA SAMA ANAK USIA DINI

Hidayah, Nurul (2024) PENDEKATAN ECOPEDAGOGY DALAM MENINGKATKAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN DAN KETERAMPILAN BEKERJA SAMA ANAK USIA DINI. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of NURUL HIDAYAH_202310660211012.pdf]
Preview
Text
NURUL HIDAYAH_202310660211012.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada implementasi pendekatan ecopedagogy di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banyuwangi dalam meningkatkan karakter cinta lingkungan dan keterampilan kerja sama pada anak usia dini. Masalah utama yang ingin diselesaikan adalah kurangnya kesadaran lingkungan dalam mengelola sampah dan keterampilan sosial pada anak-anak melalui pembelajaran berbasis pengalaman dan kolaboratif. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif yang ditandai dengan kerangka deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, melibatkan 20 siswa kelompok B sebagai subjek penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi tiga tahapan utama: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ecopedagogy dapat meningkatkan kesadaran pengelolaan sampah melalui kegiatan seperti pemilahan sampah, pembuatan eco-enzym, dan pemanfaatan sampah non organik. Siswa menunjukkan kemampuan memilah sampah organik dan non organik, serta memanfaatkan limbah sebagai alat bermain seperti mobil-mobilan dari botol plastik mencerminkan kesadaran kritis dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Selain itu, kegiatan berbasis pengalaman menanamkan karakter cinta lingkungan, yang sejalan dengan nilai keberlanjutan dan Profil Pelajar Pancasila yang menekankan pada hidup bersih dan kreatif. Pendekatan ini juga meningkatkan keterampilan kerja sama siswa, seperti berbagi tugas, berkolaborasi, dan saling membantu dalam kegiatan kelompok. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan ecopedagogy merupakan strategi yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai keberlanjutan dan kompetensi sosial pada anak usia dini. Direkomendasikan agar pendekatan ecopedagogy diterapkan secara terintegrasi dalam kurikulum, dengan dukungan sarana, pelatihan pendidik, dan kolaborasi dengan orang tua serta komunitas. Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi hubungan pendekatan ecopedagogy dengan perkembangan literasi, kreativitas, serta adaptasinya dalam berbagai konteks sosial-budaya dan teknologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Student ID: 202310660211012
Keywords: Ecopedagogy, Karakter Cinta Lingkungan, Keterampilan Bekerja Sama, Anak Usia Dini, Daur Ulang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Directorate of Postgraduate Programs > Master of Pedagogy (86110)
Depositing User: 202310660211012 nurulhidayahd21
Date Deposited: 23 Jan 2025 03:39
Last Modified: 23 Jan 2025 03:39
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/14075

Actions (login required)

View Item
View Item