Asmia, Asmia (2024) KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK PENYANDANG AUTIS ( KAJIAN PSIKOLINGUISTIK) DI KOTA MAUMERE, KABUPATEN SIKKA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
Tesis.pdf
Download (12MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan berbahasa pada anak penderita autis (Kaian Psikolinguistik) di Kota Maumere, Kabupaten Sikka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif dengan pendekatan Psikolinguistik. Sumber data menggunkan percakapan anak penderita autis yang berjumlah 5 orang dengan rentang usia dari 3 tahun sampai dengan 12 tahun. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi langsung dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan teknik mentanskripsikan hasilrekaman percakapan anak-anak penyandang autis, baik rekaman video ataupun suara kemudian menuangkankannya ke dalam tabel korpus analisis data. Analisis data dilakukan untuk memudahkan peneliti dalam mengungkapkan kemampuan berbahasa pada anak penyandang autis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berbahasa anak penyandang autis di kota Maumere, kabupaten Sikka, berbeda-beda yang meliputi kemampuan memahami bahasa diantaranya mengerti kata dan kalimat sederhana, mampu mengidentifikasi bentuk, warna, dan objek, mampu menjawab pertanyaan, mampu mengungkapkan perasaan, dan mampu berinteraksi soial baik dalam menggunakan berinteraksi verbal, interaksi non-verbal dan interaksi emosional. Selanjutnya produksi bahasa anak penyandang autis juga berbeda-beda dipengeruhi oleh usia, lingkungan sosial, lingkungan rumah dan lingkungan sekolah.
Kata Kunci : Kemampuan, berbahasa, anak autis
Abstract. This study aims to explain the language skills of children with autism (Psycholinguistic Kaian) in Maumere City, Sikka Regency. This research uses descriptive qualitative method with Psycholinguistic approach. The data source used the conversations of 5 autistic children with an age range from 3 years to 12 years. Data collection using direct observation and interviews. Data analysis was carried out by transcribing the results of recorded conversations of children with autism, both video and sound recordings and then pouring them into the data analysis corpus table. Data analysis was carried out to facilitate researchers in revealing language skills in children with autism. Based on the results of data analysis, it is concluded that the language skills of children with autism in Maumere city, Sikka district, are different which include the ability to understand language including understanding words and simple sentences, being able to identify shapes, colors, and objects, being able to answer questions, being able to express feelings, and being able to interact socially both in using verbal interaction, non-verbal interaction and emotional interaction. Furthermore, the language production of children with autism is also different influenced by age, social environment, home environment and school environment.
Keywords: Ability, language, autistic children
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Student ID: | 202310550211041 |
Keywords: | Ability, language, autistic children |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Directorate of Postgraduate Programs > Master of Indonesia Language Education (88101) |
Depositing User: | 202310550211041 asmiaindardewi |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 02:15 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 02:15 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13972 |