PENGEMBANGAN MODUL IPAS BERBASIS STEM TERINTEGRASI SOCIO SCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI PERMASALAHAN LINGKUNGAN KELAS VI DI SD MUHAMMADIYAH 1 PAITON

Illah, Rido (2025) PENGEMBANGAN MODUL IPAS BERBASIS STEM TERINTEGRASI SOCIO SCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI PERMASALAHAN LINGKUNGAN KELAS VI DI SD MUHAMMADIYAH 1 PAITON. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of THESIS_RIDO ILLAH_202310620211006.pdf]
Preview
Text
THESIS_RIDO ILLAH_202310620211006.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Modul IPAS ini merupakan Berbasis STEM Terintegrasi Socio Scientific Issues Pada Materi Permasalahan Lingkungan. Tujuan dilakukan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan modul IPAS Berbasis STEM Terintegrasi Socio Scientific Issues pada materi permasalahan lingkungan di Sekolah Dasar yang valid, praktis. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Januari-Desember 2024 di SD Muhammadiyah 1 Paiton. Jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (Reseach & Development). Reseach & Development (R & D) dilaksanakan dengan 7 tahapan dari 10 tahapan model Borg and Gall. Reseach & Development dilaksanakan pada 2 tahap uji, yaitu uji validitas dan uji kepraktisan. Uji validitas dan uji kepraktisan dianalisa berdasarkan hasil dan uji validitas instrumen oleh validator dan hasil uji kepraktisan oleh praktisi dan peserta didik. Hasil analisis melalui lembar uji validasi disimpulkan bahwa modul IPAS Berbasis STEM Terintegrasi Socio Scientific Issues pada materi permasalahan lingkungan di Sekolah Dasar sangat valid dengan rata-rata persentase 87% dengan rincian ahli materi 74%, ahli media 90%, ahli bahasa 92%, dan ahli praktisi 91%. Hasil analisis uji kepraktisan diperoleh rata-rata persentase uji kepraktisan peserta didik 88% dan prosentase uji kepraktisan pendidik 87% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis validasi dan kepraktisan diperoleh kesimpulan bahwa modul IPAS Berbasis STEM Terintegrasi Socio Scientific Issues pada materi permasalahan lingkungan di Sekolah Dasar dinyatakan sangat valid dan sangat praktis sehingga modul layak digunakan dalam proses pembelajaran IPAS pada materi permasalahan lingkungan untuk kelas VI di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Student ID: 202310620211006
Keywords: Modul, Berbasis STEM, Integrasi Socio Scientific Issues
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Directorate of Postgraduate Programs > Master of Biology Education (84105)
Depositing User: 202310620211006 ridoillah98gmailcom
Date Deposited: 03 Feb 2025 02:20
Last Modified: 03 Feb 2025 02:20
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13793

Actions (login required)

View Item
View Item