ANALISIS BIBLIOMETRIK PUBLIKASI PERKEMBANGAN PENELITIAN PEMASARAN DIGITAL KOSMETIK HALAL

Fiandari, Yulist Rima (2022) ANALISIS BIBLIOMETRIK PUBLIKASI PERKEMBANGAN PENELITIAN PEMASARAN DIGITAL KOSMETIK HALAL. BACA: JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI, 43 (2). pp. 95-111. ISSN E-ISSN : 23018593

[thumbnail of Fiandari - Halal cosmetics Digital marketing Bibliometric analysis VOSviewer.pdf]
Preview
Text
Fiandari - Halal cosmetics Digital marketing Bibliometric analysis VOSviewer.pdf

Download (778kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Fiandari - Halal cosmetics Digital marketing Bibliometric analysis VOSviewer.pdf]
Preview
Text
Similarity - Fiandari - Halal cosmetics Digital marketing Bibliometric analysis VOSviewer.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan pemasaran digital menjadi fokus capaian salah satu program pemerintah. Pemerintah mencanangkan target sebagai negara ekonomi digital diwilayah Asia. Kemajuan industri berkaitan dengan kegiatan penelitan yang dilakukan oleh akademisi. Terdapat dua jenis kosmetik yang berada di pasar, yakni kosmetik halal serta kosmetik non halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui (1) pertumbuhan jumlah artikel dan sitasi, (2) Perkembangan Artikel serta tingkat sitasi, (3) Hubungan antar peneliti (co-author), (4) Hubungan antar kata (co–occurrence) penelitian kosmetik halal dalam pemasaran digital pada tahun 2016 – 2021. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode bibliometrik. Pengumpulan data menggunakan Publish or Perish dengan kata kunci “Halal Cosmetics” dan “Digital Marketing”. Data yang terkumpul dianalisa menggunakan perangkat lunak VOSviewer. Hasil analisis menunjukkan bahwa pertumbuhan jumlah publikasi artikel dan tingkat sitasi cenderung meningkat setiap tahun. Capaian publikasi pada tahun 2016 menunjukkan 2 artikel dengan sitasi sebanyak 7. Jumlah artikel yang dipublikasikan pada tahun 2021 mengalami peningkatan mencapai 45% dengan jumlah 27 artikel. Perkembangan artikel menunjukkan artikel dengan judul “Determinants of purchase intention of halal cosmetic products among Generation Y consumers” dengan capaian sitasi sebanyak 19. Analisis co-author menunjukkan klaster yang terbentuk sebanyak 3 klaster. Terbatasnya jumlah yang terbentuk pada co-author menunjukkan celah pengembangan penelitian kosmetik halal dalam pemasaran digital. Analisis co-occurrence menghasilkan 8 klaster dengan topik yang paling dominan adalah keputusan pembelian kosmetik halal.

Item Type: Article
Keywords: Halal cosmetics; Digital marketing; Bibliometric analysis; VOSviewer
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management (61201)
Depositing User: fitrikurniasari Fitri Kurnia Sari
Date Deposited: 21 Nov 2024 01:11
Last Modified: 21 Nov 2024 01:11
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12696

Actions (login required)

View Item
View Item