EMOTIONAL REGULATION PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN

Izzah, Zaatul (2024) EMOTIONAL REGULATION PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak. Regulasi emosi adalah suatu proses eksternal dan internal yang ada dalam diri anak yang bertanggung jawab untuk memantau, mengevaluasi, serta memodifikasi reaksi emosi pada diri anak tersebut guna mencapai tujuan yang diinginkannya. Anak usia 4-6 tahun berada dalam masa golden age dan itu juga masa kritis untuk perkembangan emosi mereka, dimana mereka mulai belajar untuk mengenali dan mengelola emosi mereka yang nantinya menjadi dasar untuk perkembangan emosi dan interaksi sosialnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai regulasi emosi anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif studi deskriptif, dan metode analisisnya menggunakan statistik deskriptif dengan kriteria subjek orang tua yang memiliki anak usia 4-6 tahun. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Emotion Regulation Checklist (ERC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat regulasi emosi anak usia 4-6 tahun mayoritas berada dalam kategori sedang berjumlah 53 anak (69%), pada kategori tinggi berjumlah 13 anak (17%), dan sisanya pada kategori rendah berjumlah 11 anak (14%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 202010230311176
Keywords: Regulasi Emosi, Anak Usia Dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: 202010230311176 zaatulizzah1902gmailcomwebmailacid
Date Deposited: 13 Nov 2024 10:13
Last Modified: 13 Nov 2024 10:13
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12607

Actions (login required)

View Item
View Item