Aplikasi Cognitive Behavioral Therapy dengan Metode Pembelajaran Tiga Dimensi terhadap Minat Sains Pada Siswa Sekolah Dasar

Andriawan, Soni and Febriana Sari, Nanda and Pratiwi, Gita and Dwi Cendani Putri, Adelya and Permata Rizky, Indah and Worowirastri Ekowati, Dyah and Agnie Dewantari, Arinta (2024) Aplikasi Cognitive Behavioral Therapy dengan Metode Pembelajaran Tiga Dimensi terhadap Minat Sains Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Community Enggagement and Empowerment, 6 (2). pp. 88-95. ISSN ISSN: 2714-5735

[thumbnail of Sari Pratiwi Putri Ekowati Rizky Andriawan Dewantari - Aplikasi Cognitive Behavioral Therapy.pdf]
Preview
Text
Sari Pratiwi Putri Ekowati Rizky Andriawan Dewantari - Aplikasi Cognitive Behavioral Therapy.pdf

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Sari Pratiwi Putri Ekowati Rizky Andriawan Dewantari - Aplikasi Cognitive Behavioral Therapy.pdf]
Preview
Text
Similarity - Sari Pratiwi Putri Ekowati Rizky Andriawan Dewantari - Aplikasi Cognitive Behavioral Therapy.pdf

Download (776kB) | Preview

Abstract

Sekolah Dasar Negeri Tegalgondo No. 301, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, merupakan lembaga pembelajaran resmi dengan jumlah siswa 26 siswa yang terdiri dari kelas 4 dengan jumlah siswa 17 siswa dan kelas 5 yang terdiri dari 9 siswa. Terdapat kesalahan persepsi siswa terhadap sains sebagai hal yang menakutkan, serta kurangnya instrumen inovatif dan kreatif dalam pembelajaran sains yang menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap sains. Sehingga dimanfaatkan limbah rumah tangga sebagai media CBSains 3D yang merupakan gabungan antara terapi pada ilmu psikologi dan juga seni 3D, kemudian CB yang berasal dari CBT (Cognitive Behavioral Therapy) yang berfungsi merubah pola pikir negatif menjadi positif maupun sudut pandang seseorang tentang suatu hal. Tujuan pengabdian ini adalah menganalisis pengaruh terapi kognitif behavioral (CBT) menggunakan metode media pembelajaran tiga dimensi terhadap minat sains siswa sekolah dasar. CBT merupakan pendekatan psikologis yang terbukti efektif mengatasi berbagai masalah psikologis dan meningkatkan motivasi belajar. Metode pembelajaran tiga dimensi memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CBT dengan menggunakan metode media pembelajaran tiga dimensi meningkatkan minat sains siswa sekolah dasar secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran tradisional.

Item Type: Article
Keywords: Kognitif, Metode_Pembelajaran, Peserta_didik, Pola_Pikir, Psikologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: worowirastri Dyah Worowirastri Ekowati S.Pd., MPd.
Date Deposited: 12 Nov 2024 10:42
Last Modified: 12 Nov 2024 10:42
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12401

Actions (login required)

View Item
View Item