ANALISIS POTENSI PENYEBAB KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJAAN PROYEK FLYOVER DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) DAN FAULT TREE ANALYSIS (FTA) (Studi Kasus: Flyover Aloha, Sidoarjo)

PUTRI, NOOR INDARYATI (2024) ANALISIS POTENSI PENYEBAB KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJAAN PROYEK FLYOVER DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) DAN FAULT TREE ANALYSIS (FTA) (Studi Kasus: Flyover Aloha, Sidoarjo). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (526kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam lingkup proyek konstruksi terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi berhasil atau tidaknya suatu proyek. Meskipun suatu proyek berupaya untuk menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu, namun seringkali berbagai kendala dapat menyebabkan keterlambatan. Salah satu faktor yang dapat
menyebabkan hal tersebut adalah kecelakaan kerja. Kecelakan kerja memiliki potensi untuk menghambat atau bahkan memberhentikan kemajuan proyek konstruksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui moda kegagalan potensial, nilai risiko dari setiap faktor – faktor kegagalan dan pengidentifikasian sumber penyebab risiko kecelakaan kerja pada Proyek Flyover Aloha. Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). FMEA digunakan untuk menilai risiko potensi kegagalan berdasarkan aspek dampak, peluang, dan kejadian. Sementara
metode Fault Tree Analysis (FTA) merupakan suatu teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi risiko terhadap terjadinya kegagalan. Metode ini dilakukan dengan pendekatan topdown, yang diawali dengan asumsi kegagalan dari kejadian puncak (Top Event) kemudian merinci sebab - sebab suatu Top Event sampai pada suatu kegagalan dasar (basic cause). Hasil dari analisis FMEA didapati bahwa risiko kecelakaan kerja paling tinggi ada pada proses kegiatan pemotongan besi dengan nilai risk priority number sebesar 418,97. Kemudian dilakukan penggambaran menggunakan metode FTA dan menghasilkan 15 kombinasi
penyebab kecelakaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201910340311090
Keywords: Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Fault Tree Analysis (FTA), Flyover Aloha, Analisis Risiko Kecelakaan Kerja
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (22201)
Depositing User: 201910340311090 nooriputri
Date Deposited: 08 Nov 2024 06:44
Last Modified: 08 Nov 2024 06:44
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12369

Actions (login required)

View Item
View Item