Bead Maze Media Semiotics Objects: A Study of Mathematics Teaching for Autism Students in Elementary School

Putriana Wati, Olga and Worowirastri Ekowati, Dyah and Nusantara, Toto and Muksar, Makbul and Agus Sudjimat, Dwi (2023) Bead Maze Media Semiotics Objects: A Study of Mathematics Teaching for Autism Students in Elementary School. Jurnal ilmiah sekolah dasar, 7 (3). pp. 414-424. ISSN P-ISSN: 2579-3276 E-ISSN: 2549-6174

[thumbnail of Similarity - Wati Ekowati Nusantara Muksar Sudjimat - Bead Maze Media Semiotics Objects.pdf]
Preview
Text
Similarity - Wati Ekowati Nusantara Muksar Sudjimat - Bead Maze Media Semiotics Objects.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Wati Ekowati Nusantara Muksar Sudjimat - Bead Maze Media Semiotics Objects.pdf]
Preview
Text
Wati Ekowati Nusantara Muksar Sudjimat - Bead Maze Media Semiotics Objects.pdf

Download (945kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika pada siswa autis perlu dilakukan secara konkrit dan menarik. Jika hal ini diterapkan, diharapkan siswa autis mampu memahami bahkan menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis objek semiotik media bead maze pembelajaran matematika untuk siswa autis di sekolah dasar. Penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan guru matematika sekolah dasar dan juga pendamping siswa autis. Observasi dilakukan dengan mengamati media adaptif bead maze. Objek yang dapat diamati adalah manik-manik yang ada didalamnya seperti bentuk dan warnanya yang berbeda-beda. Wawancara dilakukan pada satu siswa autis kelas tiga, guru matematika sekolah dasar dan guru pendamping. Data yang diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara kemudian dianalisis dengan menggunakan triangulasi metode. Metodologi triangulasi dilakukan dengan membandingkan informasi yang diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menemukan enam objek primer semiotik, yaitu bahasa, situasi masalah, konsep, prosedur, properti, dan argument telah diidentifikasi berdasarkan konsep matematika dasar (bilangan, aljabar, geometri, pengukuran) yang sedang dipelajari di kelas tiga. Setiap objek semiotic pada media bead maze berpotensi meningkatkan aktivitas matematis siswa yang kontekstual, menarik, dan bermakna bagi siswa autis di sekolah dasar.

Item Type: Article
Keywords: Media bead maze, objek semiotik, matematika, sekolah dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: worowirastri Dyah Worowirastri Ekowati S.Pd., MPd.
Date Deposited: 07 Nov 2024 01:16
Last Modified: 07 Nov 2024 01:16
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12256

Actions (login required)

View Item
View Item