Learning from Home Strategies in Private Elementary Schools During Covid-19 Pandemic

Worowirastri Ekowati, Dyah and Istanti Suwandayani, Beti (2021) Learning from Home Strategies in Private Elementary Schools During Covid-19 Pandemic. International Journal of Elementary Education, 5 (3). pp. 375-383. ISSN P-ISSN: 2579-7158 E-ISSN: 2549-6050

[thumbnail of Ekowati Suwandayani - Learning from Home Strategies in.pdf]
Preview
Text
Ekowati Suwandayani - Learning from Home Strategies in.pdf

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Ekowati Suwandayani - Learning from Home Strategies in.pdf]
Preview
Text
Similarity - Ekowati Suwandayani - Learning from Home Strategies in.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemerintah Indonesia menetapkan kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR) terkait pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi belajar dari rumah selama pandemi covid-19 di SD swasta Indonesia. Metode penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif ini dimulai pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah pengumpulan data selesai dalam jangka waktu tertentu. Analisis data menggunakan teknik analisis isi. Kegiatan dalam analisis data meliputi reduksi data yang merangkum, memilih pokokpokok pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, serta mencari tema dan pola. Selain itu, tampilan data mengorganisasikan data, disusun dalam pola hubungan, sehingga lebih mudah dipahami. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah (key informant), Guru, siswa, 2 wali murid. Hasil analisis menunjukkan bahwa BDR dilakukan dengan blended learning (sinkronous dan asinkronous). Pelaksanaan sinkronous menggunakan media sosial (WA, IG, Zoom, Google meet) dan aplikasi pembelajaran sekolah yang durasinya dilakukan selama 1-3 jam. Sedangkan asinkronous dilakukan dengan pengiriman tugas/proyek/soal melalui media sosial atau aplikasi PANDHAWA setiap hari atau seminggu sekali. Perbedaan strategi sesuai dengan kesiapan sekolah, sarana prasarana, SDM Guru, siswa serta orang tua. Dengan berbagai strategi BDR yang diterapkan, sekolah dapat mengatasi kekurangan dan meningkatkan serta mengembangkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Article
Keywords: Strategi Belajar Dari Rumah, SD Swasta
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: worowirastri Dyah Worowirastri Ekowati S.Pd., MPd.
Date Deposited: 07 Nov 2024 01:15
Last Modified: 07 Nov 2024 01:15
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12247

Actions (login required)

View Item
View Item