MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS RISET UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Studi Kasus Mata Kuliah Filsafat Pendidikan Islam)

Zukhrufin, Fina Kholij (2024) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS RISET UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Studi Kasus Mata Kuliah Filsafat Pendidikan Islam). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of Thesis.pdf]
Preview
Text
Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran berbasis riset disinyalir efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Dalam perspektif konstruktivisme, peningkatan keterampilan berpikir kritis memerlukan pemberdayaan mahasiswa sebagai subjek aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan dan berdiskusi sesuai dengan ajaran Islam tentang keutamaan akal. Kemampuan berpikir kritis mahasiswa dan minat belajar rendah dalam pembelajaran Filsafat Pendidikan Islam disebabkan asumsi filsafat itu sulit. Hal ini disinyalir disebabkan metode pembelajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran berbasis riset dan implementasinya pada pembelajaran Filsafat Pendidikan Islam untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus di Program Studi Sarjana Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dengan dosen dan mahasiswa, observasi aktivitas pembelajaran, RPS, dokumentasi Google Classroom, dan hasil publikasi untuk mengevaluasi penerapan dan efektivitas pembelajaran berbasis riset pada mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam. Uji keabsahan data meliputi triangulasi sumber, metode, dan member check untuk memastikan kredibilitas data. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana. Model pembelajaran berbasis riset terdiri dari lima fase atau sintaksis. Fase 1 yakni mengunduh jurnal di pertemuan ke 2. Fase 2 yakni membuat pedoman penelitian di pertemuan ke 3. Fase 3 yakni pengumpulan data, penyusunan, pengiriman artikel di pertemuan 4 s.d 7. Fase 4 yakni peer-review dan mind-mapping di pertemuan 8 s.d 15. Fase 5 yakni penerbitan artikel, dan evaluasi perkuliahan di pertemuan 15 dan 16. Proses ini mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui pendekatan autentik dan konstruktivis dengan menghubungkan teori dengan praktik untuk secara aktif membangun pengetahuan. Meskipun efektif, tantangan seperti kesulitan literatur dan manajemen waktu memerlukan perhatian untuk meningkatkan efektivitas. Saran untuk meningkatkan efektivitas meliputi peningkatan penjelasan materi, bimbingan individual, dan penjadwalan bimbingan rutin.

Item Type: Thesis (Masters)
Student ID: 202220290211011
Keywords: Model Pembelajaran, Riset, Berpikir Kritis, Filsafat Pendidikan Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Directorate of Postgraduate Programs > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Fina Kholij Zukhrufin
Date Deposited: 06 Nov 2024 01:35
Last Modified: 06 Nov 2024 01:35
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12112

Actions (login required)

View Item
View Item