Rukoyah, Siti and Worowirastri Ekowati, Dyah and Wahyuningtyas, Eka Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar melalui Metode PBL pada Mata Pelajaran Matematika. Journal on Teacher Education;, 5 (1). pp. 318-326. ISSN E-ISSN: 2686-1798 P-ISSN: 2686-1895
Rukoyah Ekowati Wahyuningtyas - Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar.pdf
Download (221kB) | Preview
Similarity - Rukoyah Ekowati Wahyuningtyas - Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran Matematika pada peserta didik kelas 1 SDN Kebonwaris 1 Pandaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Pengumpulan data melalui tes untuk mendapatkan data hasil belajar peserta didik, sedangkan pengumpulan data melalui observasi untuk mendapatkan data aktivitas peserta didik. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran melalui metode Problem Base Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dari siklus I peserta didik yang tuntas mencapai 51,45%, sedangkan pada siklus II peserta didik yang tuntas mencapai 84%, Begitu pula dengan aktivitas peserta didik, terjadi perubahan yang positif pada sikapnya dalam proses pembelajaran melalui metode Problem Based Learning (PBL).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Teacher Professional Education (86902) |
Depositing User: | worowirastri Dyah Worowirastri Ekowati S.Pd., MPd. |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 01:15 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 01:15 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12076 |