Conservation-based Learning (CBL) model terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa

Sukarsono, Sukarsono and Arini, Tifani Nadia and Susetyarini, Rr. Eko and Wahyono, Poncojari and Miharjaa, Fuad Jaya (2020) Conservation-based Learning (CBL) model terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1 (1). pp. 21-28. ISSN P-ISSN : 2723-0066 E-ISSN : 2746-2455

[thumbnail of Journal]
Preview
Text (Journal)
Sukarsono Arini Susetyirini Wahyono Miharja Conservation based Learning Learning Model Creative Thinking.pdf - Published Version

Download (876kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Sukarsono Arini Susetyarini Wahyono Miharja - Conservation based learning Model pembelajaran Berpikir kreatif.pdf]
Preview
Text
Similarity - Sukarsono Arini Susetyarini Wahyono Miharja - Conservation based learning Model pembelajaran Berpikir kreatif.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah menegah pertama di Indonesia
tergolong masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan
model pembelajaran conservation-based learning (CBL) dengan siswa yang
tidak menggunakan model pembelajaran CBL. Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan pada bulan November 2019 hingga Januari 2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 14 Malang sebanyak 56 siswa yang terbagi atas dua kelas, satu kelas CBL dan satu kelas non-CBL. Pengambilan data untuk kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan lembar wawancara, lembar observasi, lembar ekplorasi ide, dan dokumentasi. Lembar eksplorasi ide digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa. Instrumen penelitian kemampuan berpikir kreatif meliputi imitasi, variasi, kombinasi, transformasi, dan ciptaan asli. Analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan keterampilan berpikir kreatif yang signifikan (sig <0,05) antara siswa yang belajar dengan CBL dan yang tidak menggunakan CBL. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran CBL dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran CBL.

Item Type: Article
Keywords: Conservation-based learning , Learning model, Creative thinking
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: sukarsono Sukarsono Drs. M.Si
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:12
Last Modified: 07 Oct 2024 02:12
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11300

Actions (login required)

View Item
View Item