Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Siswa Kelas X Sma Panjura Malang

Yustyan, Septy and Nurwidodo, Nurwidodo and Pantiwati, Yuni (2015) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Siswa Kelas X Sma Panjura Malang. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1 (2). pp. 23-32. ISSN 2527-6204

[thumbnail of Yustan Nurwidodo Pantiwati - Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis.pdf]
Preview
Text
Yustan Nurwidodo Pantiwati - Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis.pdf

Download (558kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Yustan Nurwidodo Pantiwati - Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis.pdf]
Preview
Text
Similarity - Yustan Nurwidodo Pantiwati - Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

iswa kelas X di SMA Panjura Malang, mengalami kesulitan dalam memahami mata pelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam mata pelajaran biologi masih menggunakan metode ceramah dan rendahnya kemampuan berpikir siswa disebabkan karena pembelajaran biologi selama ini cenderung hanya mengasah aspek mengingat dan memahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaranberbasis Scientific Approach terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari pembelajaran berbasis Scientific Approach sebagai variabel independent, kemampuan berpikir kritis siswa sebagai variabel dependent. Metode pengambilan data yaitu dengan menggunakan metode tes tertulis berupa soal uraian untuk kemampuan berpikir kritis sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kritis siswa. Validitas instrumen ini menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas butir soal dengan pengujian tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis uji t-test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran berbasis Scientific Approach memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Panjura Malang yang dibuktikan dengan hasil menggunakan uji statistika yaitu uji t. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis Scientific Approach bisa digunakan dalam pembelajaran karena dapat memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: nurwidodo Nurwidodo, Drs., M.Kes.
Date Deposited: 03 Oct 2024 10:22
Last Modified: 03 Oct 2024 10:22
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11214

Actions (login required)

View Item
View Item