Apriliani, Sherin Dwi (2023) PERANCANGAN PROTOTYPE APLIKASI TERASKILL BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING (STUDI KASUS : PT. MEDIA KREASI ABADI). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
Pendahuluan.pdf
Download (821kB) | Preview
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (210kB) | Request a copy
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (527kB) | Request a copy
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (73kB) | Request a copy
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (613kB) | Request a copy
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14kB) | Request a copy
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Poster.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran e-learning merupakan salah satu transformasi paling signifikan yang dilakukan oleh hampir seluruh lembaga pendidikan. E-learning dalam pendapat Khan, merupakan inovasi dari suatu pendekatan yang memusatkan peserta didik dalam pembelajaran interaktif, distribusi desain yang baik, serta memberikan sarana dan prasarana bagi lingkungan pembelajaran. Teraskill merupakan aplikasi e-learning yang dikembangkan PT.Media Kreasi Abadi berbasis web dan mobile. Teraskill dikembangkan berdasarkan kebutuhan pelanggan yang didapatkan melalui proses identifikasi masalah dengan hasil platform online course yang menarwarkan berbagai macam materi yang tidak spesifik, kualitas konten pembelajaran yang tidak menarik dan pembelajaran dengan tidak adanya sertifikat verifikasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu Mengimplementasikan Design Thinking pada perancangan UI/UX aplikasi Teraskill dan menguji aplikasi dengan menggunakan skrenario tugas dan System Usability Scale (SUS). Dalam perancangannya menggunakan metode design thinking. Dimana Design thinking adalah kerangka pemecahan masalah yang dapat menghasilkan inovasi menekankan pemahaman terhadap kebutuhan pengguna dan menciptakan solusi yang berorientasi pada pengguna Pendekatan berpusat pada pengguna ini memungkinkan pengembangan solusi yang lebih inovatif dan kreatif. fokus pada masalah yang kompleks, dan penekanan pada kreativitas dan fleksibilitas dalam design thinking menjadikannya alat yang sangat kuat untuk mempromosikan inovasi dibandingkan dengan pendekatan lain seperti lean startup atau Six Sigma. Hasil dari penelitian ini merupakan sebuah rancangan prototype yang telah diuji dengan menggunakan scenario tugas dan System usability scale (SUS). Dengan hasil scenario tugas mendapatkan nilai report sebesar 81 dengan testers sebanyak 10 orang dengan hasil testing Maze 90% Sukses, 10% tidak selesai, 32,7% miscklik, dan rata-rata durasi test 41,9s dan SUS skors rata-rata SUS dari semua responden adalah 73,86. Menurut skala mutu rata-rata skor SUS berada pada grade “C” dan “Acceptable”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Student ID: | 201910370311186 |
Keywords: | Design thingking, Skenario Tugas, System usability scale (SUS), E-learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201) |
Depositing User: | 201910370311186 sherindwi05 |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 02:33 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 02:33 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/1121 |