Hardian Permana, Fendy and Nurwidodo, Nurwidodo and Chamisijatin, Lise and Zaenab, Siti and Pantiwati, Yuni and Sulistiarini, Dwi (2020) Pembelajaran Klasifikasi Kladogram Dengan Metode Taksimetri Untuk Mempelajari Kekerabatan Tanaman Genus Tillandsia & Neoregelia. JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6 (1). pp. 28-40. ISSN P-ISSN : 24431591 E-ISSN : 24600873
Nurwidodo Aisyah Fauzi - Pembelajaran Klasifikasi Kladogram.pdf
Download (323kB) | Preview
Similarity - Nurwidodo Aisyah Fauzi - Pembelajaran Klasifikasi Kladogram.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
Pemberdayaan kesadaran metakognitif termasuk bagian utama dari pembelajaran abad 21. Tujuan penelitian kuantitatif ini adalah untuk mengkaji profil kesadaran metakognitif siswa yang telah mengikuti pembelajaran biologi yang menerapkan strategi modifikasi Cooperative script (CS) dipadu Hybrid-PjBl. Subjek penelitian ini adalah siswa XI IPA SMA 5 Malang. Metacognitive Awareness Inventory digunakan sebagai instrumen pengumpulan data, sedangkan statistik deskriptif dan Pearson Product Momment dipilih sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menginformasikan bahwa 20% siswa memiliki kesadaran metakognitif berkategori “sangat baik”, 40% siswa berkategori “baik”, sedangkan 40% sisanya berkategori “cukup”. Bila dianalisis secara lebih detail, satu komponen metakognisi tergolong “cukup”, enam komponen tergolong “baik”, sedangkan satu komponen lainnya berkategori “sangat baik”. Sebagian besar komponen metakognisi berkorelasi satu sama lain. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pembelajaran biologi yang menerapkan modifikasi CS dipadu Hybrid-PjBL berpotensi memberdayakan kesadaran metakognitif siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Hybrid; Kesadaran Metakognitif; Metakognisi Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205) |
Depositing User: | nurwidodo Nurwidodo, Drs., M.Kes. |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 08:24 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 08:24 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11194 |