Pembelajaran Klasifikasi Kladogram Dengan Metode Taksimetri Untuk Mempelajari Kekerabatan Tanaman Genus Tillandsia & Neoregelia

Hardian Permana, Fendy and Nurwidodo, Nurwidodo and Chamisijatin, Lise and Zaenab, Siti and Pantiwati, Yuni and Sulistiarini, Dwi (2020) Pembelajaran Klasifikasi Kladogram Dengan Metode Taksimetri Untuk Mempelajari Kekerabatan Tanaman Genus Tillandsia & Neoregelia. JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6 (1). pp. 28-40. ISSN P-ISSN : 24431591 E-ISSN : 24600873

[thumbnail of Nurwidodo Aisyah Fauzi - Pembelajaran Klasifikasi Kladogram.pdf]
Preview
Text
Nurwidodo Aisyah Fauzi - Pembelajaran Klasifikasi Kladogram.pdf

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of Similarity  - Nurwidodo Aisyah Fauzi - Pembelajaran Klasifikasi Kladogram.pdf]
Preview
Text
Similarity - Nurwidodo Aisyah Fauzi - Pembelajaran Klasifikasi Kladogram.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan kesadaran metakognitif termasuk bagian utama dari pembelajaran abad 21. Tujuan penelitian kuantitatif ini adalah untuk mengkaji profil kesadaran metakognitif siswa yang telah mengikuti pembelajaran biologi yang menerapkan strategi modifikasi Cooperative script (CS) dipadu Hybrid-PjBl. Subjek penelitian ini adalah siswa XI IPA SMA 5 Malang. Metacognitive Awareness Inventory digunakan sebagai instrumen pengumpulan data, sedangkan statistik deskriptif dan Pearson Product Momment dipilih sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menginformasikan bahwa 20% siswa memiliki kesadaran metakognitif berkategori “sangat baik”, 40% siswa berkategori “baik”, sedangkan 40% sisanya berkategori “cukup”. Bila dianalisis secara lebih detail, satu komponen metakognisi tergolong “cukup”, enam komponen tergolong “baik”, sedangkan satu komponen lainnya berkategori “sangat baik”. Sebagian besar komponen metakognisi berkorelasi satu sama lain. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pembelajaran biologi yang menerapkan modifikasi CS dipadu Hybrid-PjBL berpotensi memberdayakan kesadaran metakognitif siswa.

Item Type: Article
Keywords: Pembelajaran Hybrid; Kesadaran Metakognitif; Metakognisi Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: nurwidodo Nurwidodo, Drs., M.Kes.
Date Deposited: 30 Sep 2024 08:24
Last Modified: 30 Sep 2024 08:24
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11194

Actions (login required)

View Item
View Item