Penerapan Pendekatan Computational Thinking Pada Materi Pokok Siklus Air Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik Kelas VB SDN Dadaprejo 01 Kota Batu

Virlyani, Nurlyta and Nurwidodo, Nurwidodo and Rovi Luddi Anofa, Elia (2023) Penerapan Pendekatan Computational Thinking Pada Materi Pokok Siklus Air Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik Kelas VB SDN Dadaprejo 01 Kota Batu. Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5 (2). pp. 82-91. ISSN 2720-9458

[thumbnail of Virlyani Nurwidodo Anofa - Penerapan Pendekatan Computational Thinking.pdf]
Preview
Text
Virlyani Nurwidodo Anofa - Penerapan Pendekatan Computational Thinking.pdf

Download (689kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Virlyani Nurwidodo Anofa - Penerapan Pendekatan Computational Thinking.pdf]
Preview
Text
Similarity - Virlyani Nurwidodo Anofa - Penerapan Pendekatan Computational Thinking.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Problem Solving pesertadidik kelas VB SDN Dadaprejo 01 Kota Batu tahun ajaran 2022/2023 melaluipenerapan pendekatan Computational Thinking pada materi pokok Siklus Air.Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklusterdiri 2 pertemuan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi,dan refleksi. Pendekatan Computational Thinking (CT) diintegrasikan dalamkegiatan pembelajaran yang terdiri dari tahap tinkering, creating, debugging,persevering, dan collaborating. Aspek kemampuan Problem Solving yang ditelitimenganut empat aspek kemampuan Problem Solving G. Polya. Data penelitiandiperoleh dari hasil tes kemampuan Problem Solving dan wawancara. Teknikanalisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis datadihasilkan peningkatan kompetensi Problem Solving di siklus 1 dengan nilai n-gain0,59 dan pada siklus II mendapatkan nilai n-gain 0,60. Dapat disimpulkan darikedua nilai n-gain tersebut, pendekatan Computational Thinking (CT) cukupefektif meningkatkan kemampuan Problem Solving peserta didik.

Item Type: Article
Keywords: Computational Thinking, problem solving, siklus air
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: nurwidodo Nurwidodo, Drs., M.Kes.
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:56
Last Modified: 26 Sep 2024 07:56
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11174

Actions (login required)

View Item
View Item