Nurwidodo, Nurwidodo and Fithria Nurul, Dini and Fauzi, Ahmad (2022) Kesadaran metakognitif siswa setelah mengikuti pembelajaran modifikasi cooperative script dipadu Hybrid-PjBl. JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7 (1). pp. 10-18. ISSN P-ISSN : 24431591 E-ISSN : 24600873
Nurwidodo Aisyah Fauzi - Kesadaran metakognitif siswa.pdf
Download (323kB) | Preview
SImilarity - Nurwidodo Aisyah Fauzi - Kesadaran metakognitif siswa.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
Pemberdayaan kesadaran metakognitif termasuk bagian utama dari pembelajaran abad 21. Tujuanpenelitian kuantitatif ini adalah untuk mengkaji profil kesadaran metakognitif siswa yang telahmengikuti pembelajaran biologi yang menerapkan strategi modifikasi Cooperative script (CS)dipadu Hybrid-PjBl. Subjek penelitian ini adalah siswa XI IPA SMA 5 Malang. MetacognitiveAwareness Inventory digunakan sebagai instrumen pengumpulan data, sedangkan statistikdeskriptif dan Pearson Product Momment dipilih sebagai teknik analisis data. Hasil penelitianmenginformasikan bahwa 20% siswa memiliki kesadaran metakognitif berkategori “sangatbaik”, 40% siswa berkategori “baik”, sedangkan 40% sisanya berkategori “cukup”. Bila dianalisissecara lebih detail, satu komponen metakognisi tergolong “cukup”, enam komponen tergolong“baik”, sedangkan satu komponen lainnya berkategori “sangat baik”. Sebagian besar komponenmetakognisi berkorelasi satu sama lain. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pembelajaranbiologi yang menerapkan modifikasi CS dipadu Hybrid-PjBL berpotensi memberdayakankesadaran metakognitif siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Hybrid; Kesadaran Metakognitif; Metakognisi Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205) |
Depositing User: | nurwidodo Nurwidodo, Drs., M.Kes. |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 07:56 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 07:56 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11146 |