EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI PEMASARAN BISNIS ONLINE PADA GENERASI Z (STUDI PADA PELANGGAN FOLLOWERS ONLINE SHOP PAWONCAH)

Adila, Baiq Aisya Shah (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI PEMASARAN BISNIS ONLINE PADA GENERASI Z (STUDI PADA PELANGGAN FOLLOWERS ONLINE SHOP PAWONCAH). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (595kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Penggunaan Facebook Sebagai Media Promosi Pemasaran Bisnis Online Pada Generasi Z (Studi pada pelanggan followers online shop Pawoncah)”. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana efektivitas penggunaan facebook sebagai media promosi pemasaran bisnis online pada generasi Z. Berdasarkan fenomena yang terjadi bahwa berdasarkan data Napolen Cat data pengguna facebook Indonesia 2023 meningkat 11,9% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Dengan hal ini membuat facebook banyak dimanfaatkan oleh seorang pebisnis sebagai media untuk berkomunikasi dengan pelanggannya serta sebagai media promosi produknya. Dalam hal ini Pawoncah memanfaatkan facebook sebagai media komunikasi dengan pelanggannya serta media promosi produknya. Dengan melakukan promosi melalui facebook Pawoncah mendapat respon positif dari pelanggannya sehingga tidak sedikit barang yang berhasil terjual. Selain itu ditengah banyaknya kompetitor Pawoncah mampu bertahan dan tetap konsisten melakukan promosi melalui facebook dengan memposting produknya setiap hari. Hal ini menjadi dasar pemikiran dalam melakukan penelitian ini dengan rumusan masalah Bagaimana efektivitas penggunaan facebook sebagai media promosi pemasaran bisnis online pada generasi Z. Penelitian ini dilakukan guna mencari tahu mengenai penjelasan tentang efektivitas facebook jika digunakan sebagai media promosi pemasaran bisnis online pada generasi Z. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa facebook dianggap tidak efektif dalam kategori tinggi, dilihat dari like serta komen postingan yang dibagikan Pawoncah melalui facebook hanya 1% dari jumlah followersnya. Yang mana jumlah followers Pawoncah mencapai 5000 followers sedangkan pada setiap postingannya hanya mencapai like sebanyak 0-32 like disetiap postingan yang dibagikannya serta jumlah komen hanya mencapai 0-20 komen disetiap postingannya. Meskipun bentuk promosi yang dilakukan dapat memberikan rasa perhatian (attention) kepada konsumennya mengenai produk yang ditawarkan, selain itu juga mampu memberikan rasa ketertarikan (interest) serta keinginan (desire) konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan, selain itu juga dapat memudahkan customernya memutuskan suatu pembelian produk (decision). Sehingga dengan hal tersebut mampu membuat customernya melakukan suatu pembelian produk yang Pawoncah tawarkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201910040311397
Keywords: Efektivitas, Facebook, Media Promosi, Bisnis Online, Generasi Z
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: dianpuspita0903 Dian Puspitasari, S.AP
Date Deposited: 13 Oct 2023 01:56
Last Modified: 13 Oct 2023 01:56
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11

Actions (login required)

View Item
View Item