Analisis Penalaran Matematis Siswa Berbasis HOTS Ditinjau dari Tipe Kepribadian

Risaldi, Risaldi and Mahfud Effendi, Moh. and Ummah, Siti Khoiruli (2022) Analisis Penalaran Matematis Siswa Berbasis HOTS Ditinjau dari Tipe Kepribadian. In: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya. departemen matematika, FMIPA, Universitas Negeri Malang., Malang, pp. 219-230. ISBN e-ISSN: 2830-2990

[thumbnail of Risaldi Effendi Ummah - Analisis Penalaran Matematis Siswa Berbasis HOTS.pdf]
Preview
Text
Risaldi Effendi Ummah - Analisis Penalaran Matematis Siswa Berbasis HOTS.pdf

Download (534kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Risaldi Effendi Ummah - Analisis Penalaran Matematis Siswa Berbasis HOTS.pdf]
Preview
Text
Similarity - Risaldi Effendi Ummah - Analisis Penalaran Matematis Siswa Berbasis HOTS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penalaran matematis siswa berbasis HOTS ditinjau dari tipe kepribadian yaitu tipe ekstrovert dan introvert. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan data berjenis kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah sembilan siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Malang yang dipilih dari jawaban siswa dengan kondisi ekstrim yaitu siswa dengan penalaran matematis rendah. Data diperoleh melalui soal tes tipe HOTS, angket kepribadian, dan wawancara untuk mengklarifikasi jawaban sebagai penentuan keputusan akhir. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara penelitian kualitatifdeskriptif. Hasil yang diperoleh dari 16 siswa mengisi angket kepribadian dan soal tes HOTS yaitu terdapat 8 siswa dengan kepribadian ekstrovert dan 8 siswa dengan kepribadian introvert. Skor rata-rata siswa (kepribadian ekstrovert dan introvert) untuk soal nomor 1 yaitu 10,69 dan soal nomor 2 yaitu 5,75 dengan kategori penalaran matematis sedang. Hal tersebut bertentangan dengan penelitian sebelumnya mengenai siswa introvert lemah dalam penalaran matematis ketika mengerjakan soal. Penelitian ini menghasilkan sebanyak 6 siswa masih lemah dalam indikator analisis situasi matematis pada soal HOTS nomor 1. Pada soal HOTS nomor 2 sebanyak 14 siswa masih lemah dalam indikator rancangan penyelesaian, sebanyak 14 siswa lemah dalam indikator pemecahan dan sebanyak 14 siswa lemah dalam penarikan kesimpulan yang logis.

Item Type: Book Section / Proceedings
Keywords: ekstrovert, HOTS, introvert, penalaran matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: koku Eko Kurniawan, S.Pd.
Date Deposited: 12 Sep 2024 05:46
Last Modified: 12 Sep 2024 05:46
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10953

Actions (login required)

View Item
View Item