Pengembangan Instrumen Soal Tipe Open-Ended Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Menganalisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP

Khoiriyah, Ulfatul and Mahfud Effendi, Moh. and Slamet Kusumawardana, Adi and Khoiruli Ummah, Siti (2023) Pengembangan Instrumen Soal Tipe Open-Ended Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Menganalisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6 (2). pp. 99-109. ISSN 2622-2442

[thumbnail of Khoiriyah Effendi Kusumawardana Ummah - Pengembangan Instrumen Soal Tipe Open-Ended.pdf]
Preview
Text
Khoiriyah Effendi Kusumawardana Ummah - Pengembangan Instrumen Soal Tipe Open-Ended.pdf

Download (472kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Khoiriyah Effendi Kusumawardana Ummah - Pengembangan Instrumen Soal Tipe Open-Ended.pdf]
Preview
Text
Similarity - Khoiriyah Effendi Kusumawardana Ummah - Pengembangan Instrumen Soal Tipe Open-Ended.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal bertipe open ended pada materi bangun ruang sisi datar untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Dasar pengembangan ini yaitu pentingnya pengukuran kemampuan berpikir kritis siswa SMP sehingga guru dapat menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa. Pemberian soal open ended bermanfaat dalam memberikan pengalaman kepada siswa maupun guru dalam menyelesaikan soal dengan berbagai tipe. Pengembangan dilakukan sampai soal dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang telah dimodifikasi menjadi 5 langkah yaitu penelitian dan pengumpulan data instrumen, perencanaan waktu penelitian, pengembangan produk awal, validasi serta uji coba kelayakan. Data diperoleh dari siswa kelas VIII. Kevalidan soal tes menunjukkan kategori valid dengan rata-rata sebesar 82,2. Keefektifan instrumen soal menunjukkan kategori efektif dengan rata-rata sebesar 78,5. Kepraktisan soal tes angket respons siswa menunjukkan kategori praktis dengan rata-rata sebesar 79,8. Kemudian dari hasil data di atas, disimpulkan bahwa pengembangan soal open ended pada materi bangun ruang sisi datar di SMP valid, efektif dan praktis

Item Type: Article
Keywords: Bangun Ruang Sisi Datar, Berpikir Kritis, Open Ended, Pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: koku Eko Kurniawan, S.Pd.
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:25
Last Modified: 03 Sep 2024 06:25
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10788

Actions (login required)

View Item
View Item