Mahfud Effendi, Moh. and Sutomo, Edi (2022) Reorganisasi Kurikulum Matematika Madrasah Aliyah (Ma) untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11 (4). pp. 3525-3532. ISSN 2442-5419
Effendi Sotomo - Reorganisasi Kurikulum Matematika Madrasah Aliyah.pdf
Download (730kB) | Preview
Similarity - Effendi Sotomo - Reorganisasi Kurikulum Matematika Madrasah Aliyah.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah reorganisasi kurikulum matematika MA untuk PJJ. Reorganisasi kurikulum merupakan pengembangan konten kurikulum terdiferensiasi berdasarkan kebutuhan dan kondisi siswa. Oleh karenanya, pendekatan penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah R&D, dengan tahapan define, development, dan evaluation. Pengembangan draf kurikulum dilaksanakan di MAN 2 Kota Malang. Agar kurikulum tersebut bisa digunakan, maka harus diuji kelayakan produk dan uji kelayakan implementasi. Berdasarkan uji kelayakan produk melalui uji validasi ahli dan praktisi terhadap relevansi, fleksibilitas, kontinuitas, efektivitas, dan efisiensi kurikulum, dinyatakan bahwa kurikulum matematika MA untuk PJJ layak untuk diimplementasikan dalam bentuk pembelajaran. Sedangkan hasil uji implementasi pembelajaran di kelas X IPA 7 dan 8, didapat bahwa respon siswa baik, tingkat keterlaksanaan pembelajaran adalah baik, dan kurikulum tersebut dapat meningkatkan capaian pembelajaran dengan taraf signifikansi 25%. Atas dasar itulah maka kurikulum matematika MA untuk PJJ dapat digunakan secara luas. Agar kurikulum tersebut lebih sempurna, maka prinsip efektifitas dan efisiensi kurikulum perlu dioptimalkan.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Madrasah Aliyah, pembelajaran jarak jauh, reorganisasi kurikulum |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202) |
Depositing User: | koku Eko Kurniawan, S.Pd. |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 06:25 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 06:25 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10783 |