Reorganisasi Kurikulum Matematika Madrasah Aliyah (Ma) untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Mahfud Effendi, Moh. and Sutomo, Edi (2022) Reorganisasi Kurikulum Matematika Madrasah Aliyah (Ma) untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11 (4). pp. 3525-3532. ISSN 2442-5419

[thumbnail of Effendi Sotomo - Reorganisasi Kurikulum Matematika Madrasah Aliyah.pdf]
Preview
Text
Effendi Sotomo - Reorganisasi Kurikulum Matematika Madrasah Aliyah.pdf

Download (730kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Effendi Sotomo - Reorganisasi Kurikulum Matematika Madrasah Aliyah.pdf]
Preview
Text
Similarity - Effendi Sotomo - Reorganisasi Kurikulum Matematika Madrasah Aliyah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah reorganisasi kurikulum matematika MA untuk PJJ. Reorganisasi kurikulum merupakan pengembangan konten kurikulum terdiferensiasi berdasarkan kebutuhan dan kondisi siswa. Oleh karenanya, pendekatan penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah R&D, dengan tahapan define, development, dan evaluation. Pengembangan draf kurikulum dilaksanakan di MAN 2 Kota Malang. Agar kurikulum tersebut bisa digunakan, maka harus diuji kelayakan produk dan uji kelayakan implementasi. Berdasarkan uji kelayakan produk melalui uji validasi ahli dan praktisi terhadap relevansi, fleksibilitas, kontinuitas, efektivitas, dan efisiensi kurikulum, dinyatakan bahwa kurikulum matematika MA untuk PJJ layak untuk diimplementasikan dalam bentuk pembelajaran. Sedangkan hasil uji implementasi pembelajaran di kelas X IPA 7 dan 8, didapat bahwa respon siswa baik, tingkat keterlaksanaan pembelajaran adalah baik, dan kurikulum tersebut dapat meningkatkan capaian pembelajaran dengan taraf signifikansi 25%. Atas dasar itulah maka kurikulum matematika MA untuk PJJ dapat digunakan secara luas. Agar kurikulum tersebut lebih sempurna, maka prinsip efektifitas dan efisiensi kurikulum perlu dioptimalkan.

Item Type: Article
Keywords: Madrasah Aliyah, pembelajaran jarak jauh, reorganisasi kurikulum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: koku Eko Kurniawan, S.Pd.
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:25
Last Modified: 03 Sep 2024 06:25
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10783

Actions (login required)

View Item
View Item