Teacher Perspective and Performance in Curriculum Prototype Implementation through the Development of Innovative Project-Based Learning Modules

Mahfud Effendi, Moh. and Khoiruli Ummah, Siti and Cahyono, Hendarto (2023) Teacher Perspective and Performance in Curriculum Prototype Implementation through the Development of Innovative Project-Based Learning Modules. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12 (1). pp. 47-58. ISSN 2527-8827

[thumbnail of Effendi  Ummah Cahyono - Teacher Perspective and Performance in Curriculum.pdf]
Preview
Text
Effendi Ummah Cahyono - Teacher Perspective and Performance in Curriculum.pdf

Download (636kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Effendi  Ummah Cahyono - Teacher Perspective and Performance in Curriculum.pdf]
Preview
Text
Similarity - Effendi Ummah Cahyono - Teacher Perspective and Performance in Curriculum.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyak sekolah yang belum memahami dan siap menerapkan kurikulum prototipe dan belum pernah menerapkan pembelajaran berbasis proyek. Tujuan penelitian ini difokuskan pada cara pandang dan kinerja guru matematika dalam mempersiapkan implementasi kurikulum prototipe. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan data yang diperoleh dari observasi dan wawancara. Selanjutnya, analisis data dilakukan dengan menunjukkan bukti kinerja dan naskah wawancara tentang perspektif guru untuk meninjau kesesuaiannya dengan penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru matematika selama penyusunan modul pembelajaran berbasis proyek adalah kesulitan dalam menyusun topik proyek dan mengoperasikan aplikasi komputer sehingga tampilan modul menjadi menarik. Perspektif guru terkait dengan kurikulum prototipe adalah adanya tantangan dalam mengembangkan modul pembelajaran berbasis proyek dimana proyek tersebut merupakan integrasi dari beberapa mata pelajaran. Penyusunan soal jenis AKM juga dinilai sulit dan produk penilaian dengan soal jenis AKM yang dihasilkan guru antara lain soal pilihan ganda, menjodohkan, esai pendek dan esai lengkap. Kata Kunci: inovatif; kurikulum prototipe; perspektif guru; performa guru; pembelajaran berbasis proyek.

Item Type: Article
Keywords: Inovatif, kurikulum prototipe, perspektif guru, performa guru, pembelajaran berbasis proyek, innovative, curriculum prototype, teacher's perspective, teacher performance, project-based learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: koku Eko Kurniawan, S.Pd.
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:25
Last Modified: 03 Sep 2024 06:25
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10779

Actions (login required)

View Item
View Item