Oktaviana, Rani and Mahfud Effendi, Moh. and Athma Putri Rosyadi, Alfiani (2023) Analysis of Mathematics Learning Based on Minimum Competency Assessment in the 2013 Curriculum at SMP Muhammadiyah 1 Malang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12 (4). pp. 833-844. ISSN e-ISSN: 2527-8827
Oktavia Effendi Rosyadi - Analysis of Mathematics Learning Based.pdf
Download (596kB) | Preview
Similarity - Oktavia Effendi Rosyadi - Analysis of Mathematics Learning Based.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menciptakan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai pengganti Ujian Nasional. Dengan adanya AKM diharapkan siswa mampu mewujudkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis. Penelitian ini menganalisis kesesuaian pembelajaran matematika berbasis AKM di SMP Muhammadiyah 1 Malang. SMP Muhammadiyah 1 Malang menggunakan kurikulum 2013 yang selaras dengan AKM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data yaitu dokumen, observasi, dan wawancara. Dengan tujuan penelitian ini maka hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 1 Malang sudah mengikuti AKM literasi dan numerasi, dilihat dari perangkat pembelajaran yaitu, RPP, RPS, buku media pembelajaran, dan website AKM, dan metode pembelajaran. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Malang. Sampel yang digunakan adalah 30 siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan instrumen wawancara dan observasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | embelajaran; Matematika; AKM; Kurikulum 2013. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202) |
Depositing User: | koku Eko Kurniawan, S.Pd. |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 06:25 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 06:25 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10735 |