Indra Amirul Fiqri, Cindy and Mochamad Cholily, Yus and Mahfud Effendi, Moh. (2024) Model ADDIE untuk Mengembangkan Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Virtual Reality dan Artificial Intelligence dengan Pendekatan Gamifikasi. In: Aneka Penelitian Pendidikan. CV. Bildung Nusantara, Yogyakarta, pp. 64-78. ISBN 978-623-8588-26-8
Cholily Effendi Syaifuddin - Model ADDIE untuk Mengembangkan Aplikasi Pembelajaran.pdf
Download (1MB) | Preview
Similarity - Cholily Effendi Syaifuddin - Model ADDIE untuk Mengembangkan Aplikasi Pembelajaran.pdf
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian pendidikan adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan untuk memecahkan masalah-masalah yang terjadi di lingkungan pendidikan. Tujuan penelitian pendidikan adalah untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu ilmu pengetahuan dengan menggunakan metode-metode ilmiah. Penelitian pendidikan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti: 1) Penelitian Dasar: Fokus pada pengembangan ilmu pendidikan dan pengujian teori-teori yang telah ada, 2) Penelitian Evaluasi: Menilai kualitas dan efektivitas suatu program pendidikan, dan 3) Penelitian Terapan: Mengembangkan aplikasi dari teori dan konsep alam pendidikan. Manfaat penelitian pendidikan antara lain: 1) Peta Pendidikan: Mendeskripsikan keadaan pendidikan dan kemampuan sumber daya serta kemungkinan hambatan yang akan dihadapi, 2) Bahan Dasar Kebijakan: Menjadi bahan dasar dalam menyusun kebijakan dan strategi pengembangan Pendidikan, 3) Diagnosis Masalah: Menjadi sarana diagnosis untuk mencari penyebab kegagalan dan masalah yang terjadi dalam pendidikan, 4) Masukan Pembangunan: Menjadi salah satu masukan yang dapat memberikan gambaran tentang kemampuan dalam peralatan, pembekalan, pembiayaan, dan tenaga kerja. Semua penelitian pendidikan bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan tentang penelitian pendidikan.
Item Type: | Book Section / Proceedings |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202) |
Depositing User: | koku Eko Kurniawan, S.Pd. |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 06:24 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 06:24 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10680 |