Model ADDIE untuk Mengembangkan Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Virtual Reality dan Artificial Intelligence dengan Pendekatan Gamifikasi

Indra Amirul Fiqri, Cindy and Mochamad Cholily, Yus and Mahfud Effendi, Moh. (2024) Model ADDIE untuk Mengembangkan Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Virtual Reality dan Artificial Intelligence dengan Pendekatan Gamifikasi. In: Aneka Penelitian Pendidikan. CV. Bildung Nusantara, Yogyakarta, pp. 64-78. ISBN 978-623-8588-26-8

[thumbnail of Cholily Effendi Syaifuddin - Model ADDIE untuk Mengembangkan Aplikasi Pembelajaran.pdf]
Preview
Text
Cholily Effendi Syaifuddin - Model ADDIE untuk Mengembangkan Aplikasi Pembelajaran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Cholily Effendi Syaifuddin - Model ADDIE untuk Mengembangkan Aplikasi Pembelajaran.pdf]
Preview
Text
Similarity - Cholily Effendi Syaifuddin - Model ADDIE untuk Mengembangkan Aplikasi Pembelajaran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian pendidikan adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan untuk memecahkan masalah-masalah yang terjadi di lingkungan pendidikan. Tujuan penelitian pendidikan adalah untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu ilmu pengetahuan dengan menggunakan metode-metode ilmiah. Penelitian pendidikan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti: 1) Penelitian Dasar: Fokus pada pengembangan ilmu pendidikan dan pengujian teori-teori yang telah ada, 2) Penelitian Evaluasi: Menilai kualitas dan efektivitas suatu program pendidikan, dan 3) Penelitian Terapan: Mengembangkan aplikasi dari teori dan konsep alam pendidikan. Manfaat penelitian pendidikan antara lain: 1) Peta Pendidikan: Mendeskripsikan keadaan pendidikan dan kemampuan sumber daya serta kemungkinan hambatan yang akan dihadapi, 2) Bahan Dasar Kebijakan: Menjadi bahan dasar dalam menyusun kebijakan dan strategi pengembangan Pendidikan, 3) Diagnosis Masalah: Menjadi sarana diagnosis untuk mencari penyebab kegagalan dan masalah yang terjadi dalam pendidikan, 4) Masukan Pembangunan: Menjadi salah satu masukan yang dapat memberikan gambaran tentang kemampuan dalam peralatan, pembekalan, pembiayaan, dan tenaga kerja. Semua penelitian pendidikan bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan tentang penelitian pendidikan.

Item Type: Book Section / Proceedings
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: koku Eko Kurniawan, S.Pd.
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:24
Last Modified: 03 Sep 2024 06:24
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10680

Actions (login required)

View Item
View Item