Effendi, Ananda Rita (2024) LITERATURE REVIEW: TREND DAN RAGAM KOMPETENSI BIOLOGI PADA PENERAPAN MEDIA AUGMENTED REALITY. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
PENDAHULUAN.pdf
Download (539kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (208kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (238kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (244kB) | Preview
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (332kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (101kB) | Request a copy
Abstract
Augmented Reality adalah teknologi yang meghubungkan dunia nyata dengan dunia maya, Augmented Reality menghadirkan suatu objek berupa video atau foto/ gambar ke dunia nyata dalam bentuk tiga dimensi. Kontribusi Augmented Reality terhadap peningkatan kompetensi biologi efektif dengan peningkatan signifikan pada setiap ragam kompetensi yang diterapkan dengan Augmented Reality. Jurnal yang dimuat dalam artikel terindeks SINTA yang bertujuan untuk mengetahui trend jumlah publikasi, ragam desain penelitian, ragam kompetensi yang di ukur, distribusi subjek penelitian pada publikasi. Hasil menunjukkan trend jumlah publikasi mengalami kenaikan di setiap tahunnya, ragam desain penelitian yang paling banyak digunakan dalam penelitian yaitu Eksperimen berjumlah 11, Research & Development (R&D) berjumlah 9, kemudian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang paling sedikit berjumlah 2, jumlah ragam kompetensi yang mendominasi yaitu motivasi belajar siswa dengan jumlah 4 dengan persentase 23%, subjek penelitian yang tertinggi berada pada tingkat SMA dengan jumlah 18 dan yang paling terendah berada pada tingkat perguruan tinggi dengan jumlah 4. Kontribusi Augmented Reality terhadap peningkatan kompetensi biologi efektif dengan pengaruh peningkatan yang cukup signifikan pada setiap ragam kompetensi yang dipadukan dengan Augmented Reality dapat dilihat dari peningkatan pada keterampilan berpikir kritis dan berpikir tingkat tinggi HOTS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Student ID: | 201710070311159 |
Keywords: | Augmented Reality, Literatur Review, Kompetensi Biologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205) |
Depositing User: | 201710070311159 anandaritaeffendi |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 01:25 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 01:25 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10633 |